5 Lokasi yang Disinggahi Pasien Positif Corona Batam

5 Lokasi yang Disinggahi Pasien Positif Corona Batam

Ilustrasi.

Batam - Dinkes Kota Batam sedang mengecek lima lokasi yang disinggahi perempuan (51) yang dinyatakan positif corona. Pasien yang diduga tertular dari cluster Jakarta itu sebelumnya sudah menjalani karantina di RSUD Embung Fatimah beberapa hari terakhir.

Hasil uji swap yang keluar dari Balitbangkes di Jakarta hari ini menyimpulkan wanita itu positif.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan pihaknya sedang melakukan penelusuran di lima tempat yang bersinggungan dengan pasien itu.

Kelima tempat itu, yaitu pesawat yang ditumpangi dari Jakarta. Berarti dua kursi depan dan di belakang harus menjalani pemeriksaan. "Kalau tidak salah ada 30 orang, dan itu yang paling banyak kontak dengan pasien," ujar Didi.

Lalu tempat yang kedua yaitu kediaman pasien. Ada tiga orang anggota keluarganya kontak dekat dengan pasien, baik itu suami dan dua anaknya.

"Yang ketiga itu mobil yang ditumpangi pasien dari bandara menuju rumah," katanya.

Penulusuran tempat selanjutnya yaitu satu Puskesmas yang sempat dituju pasien untuk memeriksakan diri. Serta terakhir satu rumah sakit swasta yang sempat merawat pasien dengan diagnosa terkena Demam Berdarah Dengue (DBD) sebelumnya.

"Jadi ada lima titik ini yang akan ditelusuri. Sembilan orang (yang close contact dengan pasien di lima lokasi itu) diantaranya memiliki risiko tinggi tertular. Tim sudah petakan dan besok mulai turun," kata dia.

Didi memperkirakan jumlah orang yang kontak dekat dengan pasien cukup banyak. Namun saat ini dipastikan ada 60 orang yang akan dikarantina di Asrama Haji.

"Sedangkan untuk tenaga medis yang close contact dengan pasien akan menjalani observasi di rumah masing-masing. Karena mereka tenaga medis, pasti mereka sangat paham akan kondisi diri mereka," katanya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews