Dibangun 20 Hari, Ini Fasilitas Rumah Sakit Khusus Corona di Batam

Dibangun 20 Hari, Ini Fasilitas Rumah Sakit Khusus Corona di Batam

Eks Kamp Pengungsi Vietnam di Pulau Galang/Foto: Dok. Kementerian PUPR

Jakarta - Pemerintah sedang menyiapkan rumah sakit khusus untuk menangani virus corona. Rumah sakit ini akan dibangun di Pulau Galang, Batam.

Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Danis Sumadilaga mengatakan nantinya akan ada dua area pada rumah sakit khusus Pulau Galang. Area pertama merupakan bangunan kamp bekas eks pengungsi Vietnam, di sana akan menjadi bangunan pendukung.

Nantinya, di bangunan pendukung akan ada hunian untuk dokter dan tenaga medis. Kemudian, di bangunan itu juga akan dibuatkan dapur, tempat laundry, hingga gudang.

"Nah ada dua area. Yang lama bangunan eks pengungsi Vietnam dengan kondisi yang ada akan menjadi bangunan pendukung. Misalnya untuk rumah dokter, rumah perawat, dan tenaga medis," jelas Danis di kantornya, Jakarta Selatan, Kamis (12/3/2020).

"Kemudian ada dapur, laundry, gudang, dan sebagainya," lanjutnya.

Kemudian ada area baru yang akan mulai dibangun, area tersebut akan menjadi tempat observasi dan karantina. Di sana akan dibuatkan bangsal-bangsal dengan jumlah 400 tempat tidur.

"Di sampingnya kita akan bangun semacam tempat observasi. Nanti dibentuk, ruang-ruangan sebanyak 400 bed," papar Danis.

Rumah sakit khusus corona ini sendiri mulai dibangun sejak Minggu 8 Maret yang lalu. Ditargetkan selesai pada 31 Maret 2020 mendatang.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews