RS Khusus Corona di Batam, Jalur Khusus Pasien Disiapkan Bandara Hang Nadim

RS Khusus Corona di Batam, Jalur Khusus Pasien Disiapkan Bandara Hang Nadim

WNI kru kapal pesiar Diamond Princess yang dinyatakan negatif virus corona tiba di Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Senin (2/3/2020) dini hari. Di Batam, Bandara Hang Nadim mulai mempersiapkan jalur khusus menyusul Batam bakal ada lokasi RS khusus corona yang akan dibangun pemerintah pusat di eks camp Vietnam di Pulau Galang. (Foto: Antara)

Batam - Pemerintah tengah menggesa pembangunan RS khusus penyakit menular, terutama corona di Pulau Galang, Batam.

Wali Kota Batam, merangkap Kepala BP Batam; Muhammad Rudi mengatakan jalur khusus bagi pasien virus corona dari luar Batam di Bandara Hang Nadim disiapkan.

Rencana ini dibuat setelah menyusul pembangunan fasilitas kesehatan di area camp vietnam, Pulau Galang.

"Tentu akan buat jalur khusus, supaya tidak tergabung dengan masyarakat," ujar Rudi di Batamcentre, Kamis (12/3/2020).

Jalur khusus itu juga untuk orang dalam pantauan (OPD) yang akan dikarantina di fasilitas kesehatan tersebut. "Karena baik yang suspect maupun yang diindikasi lawat jalur sana," kata dia.

Ke depan walaupun tidak ada jalur khusus di pintu kedatangan. Pihaknya juga akan mengambil opsi lain dengan membuat parkir khusus untuk pesawat yang membawa pasien.

"Bisa juga dengan parkir khusus, jadi nanti ada kendaraan yang mendekat ke pesawat membawa mereka," kata Rudi.

Sementara itu, pembangunan 'RS corona' tempat observasi penyakit menular di Pulau Galang itu terus berjalan. Beberapa material pendukung pembangunan tempat observasi sudah tiba di Batam.  "Pembangunan jalan terus," kata Rudi.

Rudi mengungkapkan pembangunan tempat observasi tersebut akan selesai pada akhir bulan Maret ini. Dan diperkirakan sudah dapat dioperasikan pada tanggal 28 Maret mendatang.

"Jadi mudah-mudahan bisa dapat beroperasi dengan waktu yang telah ditentukan," ujarnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews