Menteri PUPR: Pembangunan di Pulau Galang Bukan Rumah Sakit, Tapi Tempat Observasi

Menteri PUPR: Pembangunan di Pulau Galang Bukan Rumah Sakit, Tapi Tempat Observasi

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau eks camp Vietnam di Galang, Batam yang akan dijadikan lokasi observasi terduga penderita penyakit menular. (Foto: Margaretha/batamnews)

Batam - Pemerintah tidak akan membangun rumah sakit penyakit menular di eks camp Vietnam Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menegaskan tempat tersebut nantinya untuk observasi mereka yang diduga terjangkit penyakit menular. 

“Kita siapkan observasi, bukan rumah sakit,” ujar Basuki saat kunjungannya ke DAM Monggak untuk meninjau kesiapan air bagi tempat observasi di Pulau Galang, Senin (9/3/2020). 

Ia membantah tempat observasi tersebut dikatakan rumah sakit. Ke depan tempat observasi ini akan menampung pasien penyakit menular, termasuk yang terkena wabah virus corona. 

“Jadi tidak hanya corona saja, tapi penyakit menular lain, bisa itu flu dari Afrika,” kata Basuki. 

Tempat observasi ini memanfaatkan lahan di kawasan eks camp Vietnam. Tepatnyam di bekas gedung rumah sakit pengungsi Vietnam waktu itu. Total lahan yang dipakai seluas 4 hektar. 

“Kemarin sudah mulai land clearing,” ujar Basuki. 

Selain sebagai tempat observasi, juga akan dimanfaatkan untuk yang lain. Seperti dengan adanya ruang isolasi jika hal itu diperlukan. 

Lebih lanjut, Basuki menjelaskan pembangunan tempat observasi ini ditargetkan selesai tiga minggu ke depan sesuai dengan instruksi Presiden RI, Joko Widodo. 

“Mudah-mudahan selesai dalam 2-3 minggu ke depan,” katanya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews