BWS Sumatera IV Gelontorkan Rp 40 Miliar Lanjutkan Pembangunan Irigasi Sawah di Lingga

BWS Sumatera IV Gelontorkan Rp 40 Miliar Lanjutkan Pembangunan Irigasi Sawah di Lingga

PPK Irigasi dan Rawa Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Pelaksana Jaringan Pemanfaatan Air (PJPA) BWS Sumatera IV, Eris Hendra Buana bersama Kabid SDA, Camat Lingga Timur, dan Kabid Pertanian saat sosialisasi pembangunan irigasi di Desa Bukit Langkap (Foto:ist)

Lingga - Kementrian Pekerjaan Umun dan Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR) melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera IV kembali melanjutkan program pembangunan irigasi untuk percetakan sawah Desa Bukit Langkap dan Kerandin di Kecamatan Lingga Timur, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau. BWS menyiapkan anggaran lebih kurang Rp 40 Miliar untuk pembangunan tersebut.

PPK Irigasi dan Rawa Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Pelaksana Jaringan Pemanfaatan Air (PJPA) BWS Sumatera IV, Eris Hendra Buana mengatakan, dari anggaran Rp 40 Miliar tersebut, Rp 13 Miliar-nya untuk lanjutan irigasi di Sawah Desa Bukit Langkap dan Rp 23 Miliar untuk pembangunan irigasi baru di Sawah Desa Kerandin.

"Alhamdulilah di tahun ini yang dikomandoi Kabid SDA Pak Ardi, Bukit Langkap dapat lagi anggaran untuk lanjutan irigasi air di sawah. Sementara di sawah Kerandin, program tersendiri. Kami juga sudah melakukan sosialisasi kepada warga terkait hal ini," kata dia usai melaksanakan sosialisasi di Desa Bukit Langkap, Jum'at (6/3/2020).

Eris menjelaskan, program irigasi dan rawa di dua desa di Kecamatan Lingga Timur merupakan bentuk kerja keras dari DPUPR-PKP, dibawah bidang Sumber Daya Air (SDA) Kabupaten Lingga. Untuk itu Eris berharap dengan adanya irigasi yang telah dibangun dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh petani maupun pemerintah setempat.

"Jadi irigasi di Bukit Langkap kita bangun untuk mengairi 350 hektar sawah langsung. Meski yang tercetak baru 100 hektar sekian, kita minta Pemda untuk dapat segera melakukan cetak yang baru lagi," ujarnya.

Jika selama ini sawah yang berada di Desa Bukit Langkap dan Kerandin, hanya mengandalkan air hujan, harapan Eris dengan program dan bendungan yang akan dibangun nanti, bisa bekerja maksimal, sehingga diawal tahun 2021 sawah bisa dialiri air.

“Mudah-mudahan lancar pembangunannya, kita selesaikan dalam perkirakan akhir tahun ini, jadi diawal tahun depan air bisa mengalir ke sawah," tuturnya.

Sementara Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) di Dinas PU Lingga, Hardimansyah turut mengapresiasi apa yang telah dilakukan BWS Sumatera IV. Kata dia, BWS sudah masuk di tahun ke tiga untuk membangun irigasi di Bukit Langkap dan yang pertama di Desa Kerandin.

“Mudah-mudahan ditahun ini bisa tuntas yang di Kerandin, sehingga list antrian irigasi lainnya bisa terelisasi juga, kami pihak dinas dalam hal ini juga memohon dukungan dari masyarakat dalam pekerjaan pembangunan irigasi ini,” pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews