Rian Ernest Serahkan Satu Truk Berkas Dukungan ke KPU Batam

 Rian Ernest Serahkan Satu Truk Berkas Dukungan ke KPU Batam

Rian Ernest dan Yusiani Gurusinga menyerahkan 52.754 berkas dukungan ke KPU Batam untuk maju Pilkada jalur independen. (Foto: Batamnews)

Batam - Bakal pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam Rian Ernest dan Yusiani Gurusinga menyerahkan berkas dukungan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam, Sabtu (22/2/2020). 

Sedikitnya ada 52.754 dukungan dalam bentuk salinan KTP dari warga Batam bersama dengan surat pernyataan dukungan. 

“Jika sesuai UU, dukungan yang kami kumpulkan minimal 48.816, tetapi yang kami bawa saat ini lebih dari itu,” ujar Rian. 

Dengan begitu, menurutnya dapat mengamankan posisi mereka untuk maju sebagai Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam pertama kalinya di Kota Batam dari jalur independen. 

Rian mengakui secara hitungan waktu, pihaknya merasa masih kurang mengingat pasangan ini baru mendeklarasikan akhir tahun lalu.

“Sehingga baru maksimal bergerak setelah itu,” kata Rian. 

Namun pada penyerahan berkas dukungan, KPU Batam belum dapat menerima karena masih ada formulir yang kurang yaitu salinan formulir B 1.1-KWK perseorangan untuk beberapa kecamatan. 

“Kami belum dapat menerima, karena kondisinya belum lengkap,” ujar Ketua KPU Batam, Herigen pada kesempatan tersebut. 

Berdasarkan PKPU nomor 15/2017 dan PKPU nomor 18/2019 syarat dokumen yg wajib diserahkan oleh bapaslon perseorangan adalah sebagai berikut, yaitu Formulir dukungan B. 1-KWK perseorangan aslia dan salinan, Formulir rekap B. 1.1-KWK perseorangan asli dan salinan, Formulir B. 2-kwk perseorangan asli dan salinan.

Pihaknya masih akan memberikan waktu sampai dengan pukul 16.00 WIB untuk batas pengumpulannya. Selain itu, esok hari juga masih ada kesempatan.

“Kalau sudah lengkap, baru kami lakukan pengecekan,” kata Herigen. 

Komisioner KPU Batam, William Seipattiratu menambahkan sesuai Sistem Informasi Pencalonan (Silon), bapaslon Rian Ernest dan Yusiani Gurusinga sudah memenui syarat untuk maju di Pilkada Batam.

“Walaupun begitu, masih ada proses lainnya, tahapan masih panjang,” ujar William.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews