Observasi WNI di Natuna Selesai Dua Hari Lagi, Bagaimana Kondisi Mereka?

Observasi WNI di Natuna Selesai Dua Hari Lagi, Bagaimana Kondisi Mereka?

Anggota TNI memberikan semangat ratusan WNI di Natuna yang diobservasi usai dievakuasi dari Wuhan, China sebelumnya.

Jakarta - Pemerintah memastikan observasi WNI yang dipulangkan dari Wuhan, China akan selesai 15 Februari 2019. Sebanyak 238 WNI tersebut akan siap dipulangkan dari Natuna ke Halim Perdanakusuma, Jakarta.

"Sesuai dengan alokasi waktu, selama 14 hari sejak diterima di Natuna, maka jatuh pada tanggal 15 Februari yang akan datang jam 12 siang," kata Kepala BNPB Doni Monardo di kantor Kemenko PMK, Kamis (13/2/2020).

Dia menuturkan, pihaknya akan tetap berkonsultasi dengan Kementerian Kesehatan dan Kementerian Kesehatan juga berkoordinasi dengan pihak WHO, tentang masa waktu efektif untuk observasi karena ada pemberitaan-pemberitaan yang beredar di sejumlah media yang memberitakan masa inkubasi tidak cukup 14 hari tetapi 24 hari.

"Namun, tadi sudah ditanyakan kepada perwakilan kita, bahwa WHO masih menentukan waktu masa inkubasinya selama 14 hari," jelas Doni.

Menurut dia, pemerintah dalam hal ini BNPB telah menyiapkan tiket pesawat untuk WNI.

"Dalam hal ini BNPB telah menyiapkan tiket pesawat untuk WNI kita yang akan kembali ke kampung halamannya, kemudian mereka nanti akan diatur oleh perwakilan dari tiap-tiap daerah untuk penjemputannya di Lanud Halim Perdanakusuma, setelah tiba. Kemudian apabila nanti ada yang ingin kembali pada hari itu juga, maka pemerintah telah menyiapkan tiket pesawat," ungkap Doni.

"Kalau toh mereka akan pulang pada hari berikutnya yaitu hari minggu, pemerintah juga sepakat memberikan bantuan biaya penginapan dan transportasi sehingga diharapkan, saudara-saudara kita yang dari Wuhan ini tidak mengalami kesulitan untuk menuju ke kampung halamannya," lanjut dia.

Dia menjelaskan, para WNI tersebut diangkut terlebih dahulu menggunakan pesawat milik TNI dari Natuna ke Halim Perdanakusuma. "Panglima TNI telah menyiapkan pesawat, sejauh ini sudah dialokasikan sebanyak 4 unit pesawat," jelas Doni.

Kemudian, baru menggunakan pesawat komersial untuk kembali ke daerah asal masing-masing. "Komersial. Jadi tiket pesawat untuk tujuan yang tujuan akhir ya, itu sudah dibicarakan sudah disampaikan kepada WNI kita, jadi kita sudah mulai terima tujuan akhir mereka," tukasnya.

 

Dipastikan Sehat

Kepala Pusat Analisis Determinan Kesehatan Kemenkes, Pretty multihartina menyebut semuanya yang balik dari Natuna, akan dipastikan sehat terlebih dahulu sekitar sampai pukul 12.00 WIB.

"Iya. Pada tanggal 15 besok, akan diperiksa lagi untuk jam 12 sesuai standar yang ditentukan, diperiksa (dipastikan sehat) maka itu sudah boleh pulang," pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews