Murid SDIT Al-Madani Lingga Belajar Rawat Tumbuhan ke Petani

Murid SDIT Al-Madani Lingga Belajar Rawat Tumbuhan ke Petani

Murid SDIT Al-Madani belajar di luar ruangan tentang merawat tumbuhan ke petani (Foto:ist)

Lingga - Sebanyak 15 orang murid kelas 2 Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Madani Daik Lingga, mengikuti kegiatan outing class (Field Trip). Kali ini, murid kelas Ali bin Thalib tersebut belajar merawat tanaman ke salah seorang petani di Kampung Cening, Daik Lingga, Rabu (5/2/2020).

Guru kelas 2 yang sekaligus mendampingi anak-anak tersebut, Wahyu Puji Hastiningrum mengatakan, outing class kali ini sesuai dengan materi pembelajaran di tema 6, yakni merawat hewat dan tumbuhan.

"Kita berharap hasil dari proses pembelajaran dengan terjun langsung ke lapangan seperti ini, hasilnya menjadi 'long memory' bagi anak-anak. Dan diharapkan anak-anak mampu langsung mengaplikasikannya," ucap wanita lulusan S1 Kimia UNRI itu.

Ia menjelaskan, tindak lanjut dari outing class ini, nantinya anak-anak akan membawa jenis bunga dan bibit tanaman buah. Kemudian mereka diminta bertanggung jawab menanam dan merawat tanamannya sendiri sesuai dengan ilmu yang mereka dapatkan.

Sementara itu, pemilik lahan pertanian yang menjadi lokasi pembelajaran murid SDIT tersebut, Tukiran mengaku senang bisa berbagi ilmu bertani kepada anak-anak. Ia mengungkapkan, sejak usia dini anak-anak memang seharusnya dibekali dengan ilmu bertani, agar timbul jiwa mandiri.

"Sangat bagus seperti ini, pelan-pelan akan terlatih jiwa mandirinya. Saya juga merasa senang bisa berbagi ilmu," ucap Tukiran dengan haru karena dirinya sudah dipercaya oleh pihak sekolah untuk menjadi mentor.

Sebagaimana diketahui, pada kesempatan tersebut, murid SDIT Al-Madani diajari mulai dari cara menanam, merawat, memupuk hingga sampai dengan cara panen. Pada kesempatan itu, dengan mengambil sampel cara menanam kangkung.

(ruz)