Pemkab Kirim Penyuluh Agama Dampingi Komunitas Adat Terpencil di Lingga

Pemkab Kirim Penyuluh Agama Dampingi Komunitas Adat Terpencil di Lingga

Anak-anak suku laut Selat Kongki antusias ikut pembinaan keagamaan (Foto:ist)

Lingga - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga, melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) menempatkan para penyuluh agama islam ke beberapa wilayah pesisir Pulau Lingga, khususnya bagi Komunitas Adat Terpencil (KAT).

Penempatan para penyuluh tersebut dilakukan guna memberikan pembinaan keagamaan untuk anak-anak KAT. Program ini pun sudah berjalan sejak tahun 2007 lalu.

"Nama kegiatan ini adalah penyuluh agama islam daerah terpencil," ucap Kepala Bagian (Kabag) Kesra di Setretariat Daerah (Setda) Lingga, Jaya Atmajaria melalui Kasubbag Sosial Kemasyarakatan dan Kesejahteraan Sosial, Hazni Hamka kepada Batamnews, Selasa (4/2/2020).

Ia menjelaskan, untuk tahun 2020 ini ada 9 wilayah pembinaan. Diantaranya yakni, Desa Pekajang, Pulau Lipan Desa Penuba, Teluk Ibul Desa Cempa, Linau Batu Desa Tanjung Kelit, Selat Kongki Desa Penaah, Sungai Nona Desa Limbung, Desa Posek, serta Dusun Tembok Desa Mentudan dan Pulau Akat Desa Laboh.

"Ke depannya semoga wilayah-wilayah lain juga akan kita tempatkan para penyuluh, sebagai bentuk upaya Pemerintah Kabupaten Lingga dalam rangka pembinaan aqidah dan iman bagi warga KAT," ujar Hazni.

Ia berharap, dengan adanya tenaga penyuluh tersebut, desa-desa yang masuk dalam pembinaan wilayah KAT dapat mendukung sarana prasarana serta tempat pembinaan. Pasalnya, untuk insentif penyuluh sudah dianggarkan di Bagian Kesra.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews