Topik Tren Batamnews: Temuan Suspect Virus Corona di Kepulauan Riau

Topik Tren Batamnews: Temuan Suspect Virus Corona di Kepulauan Riau

Petugas RSBP Batam tengah mengevakuasi seorang pasien yang diduga terjangkit virus corona di Batam (Foto: Batamnews)

Batam - Virus Corona mulai mengancam Provinsi Kepulauan Riau. Sebagai daerah di perbatasan, Kepulauan Riau rentan akan persebaran virus mematikan ini.

Seluruh instansi di Kepulauan Riau bersiaga menghadapi virus ini sejak beberapa pekan terakhir. Bandara dan pelabuhan diperketat dan ruang isolasi di berbagai rumah sakit disiapkan.

Batamnews mencoba merangkum berbagai hal terkait penanganan virus asal Wuhan, China di Kepulauan Riau dalam beberapa hari terakhir.

Temuan Pelancong China Tunjukkan Gejala Virus Corona

Dua pelancong asal China di Bintan dicurigai menunjukkan gejala terpapar virus ini. Keduanya langsung dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kijang pada Selasa (21/1/2020).

Hasil pemeriksaan medis, menunjukkan keduanya tidak terpapar virus Corona.

Baca di sini.

Siapkan Alat Pemindai Suhu Tubuh di Bandara dan Pelabuhan

Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menyiagakan personel dilengkapi alat pendeteksi thermoscan di setiap pintu masuk bandara dan pelabuhan.

Sementara di Batam, Kepala BP Batam menyiapkan Asrama Haji sebagai tempat isolasi jika ada temuan suspect virus Corona.

Baca di sini.

Penerbangan Batam-China Dihentikan

Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, HM Rudi memastikan penerbangan langsung (direct flight) Batam-China telah dihentikan. Menyusul dengan adanya wabah virus corona di Kota Wuhan, Provinsi Hube, China. 

“Barusan saya dapat informasi, jika penerbangan langsung Batam-China dihentikan,” ujar Rudi di Asrama Haji Batam, Senin (27/1/2020). 

Ia mengatakan penghentian penerbangan langsung tersebut dilakukan oleh travel dari China sendiri, dan bukan atas permintaan dari pemerintah daerah (Pemda) setempat.

Baca selengkapnya di sini

Turis Asal China Dipulangkan ke Negara Asal

Turis asal China yang berlibur ke Batam terpaksa dipulangkan ke negara asalnya. Hal ini masih terkait dengan langkah antisipasi penyebaran virus corona, di mana China menjadi negara asal sekaligus paling banyak terjangkit virus corona jenis baru ini.

Pemulangan dilakukan bertahap hingga kemarin sejak Senin (28/1/2020) lalu. Ratusan wisatawan ini diangkut menggunakan pesawat Batik Air dari Bandara Hang Nadim, Batam. 

Baca selengkapnya di sini.

Pasien Suspect Virus Corona Terdeteksi di Batam

Dua orang yang diduga terkena gejala virus corona dilarikan ke dua rumah sakit di Batam. Keduanya tengah dirawat di RSUD Embung Fatimah Batam dan RS Otorita (BP) Batam pagi ini.

Satu pasien di RSBP Batam dipulangkan karena hasil pemeriksaan menunjukkan yang bersangkutan negatif terpapar virus.

Sementara, pasien di RSUD Embung Fatimah ditangani secara intensif di ruang isolasi, sembari menunggu hasil laboratorium.

Baca selengkapnya di sini.

Suspect Corona di Kepulauan Riau 11 Orang

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Tjetjep Yudiana mengatakan sejauh ini instansi terkait sudah memeriksa 11 orang yang menunjukkan gejala awal terpapar virus ini.

Ke-11 orang itu, termasuk satu pasien yang kini tengah diobservasi di RSUD Embung Fatimah, Kota Batam.

"Dari hasil pemeriksaan 10 orang negatif," kata Tjetjep, Kamis (30/1/2020).

Baca selengkapnya di sini.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews