Turis China di Batam Gelar Aksi Jiayou Wuhan di Bandara Hang Nadim

Para turis China di Bandara Hang Nadim Batam sebelum dipulangkan ke negaranya, Kamis (30/1/2020). (Foto: Yude/Batamnews)

Batam - Sebelum dipulangkan ke negaranya, sejumlah turis China menggelar aksi di Bandara Hang Nadim Batam, Kamis (30/1/2020) sore. Mereka memberikan dukungan terhadap kota Wuhan dalam menghadapi bencana Virus Corona.

Pihak agen perjalanan terpaksa menarik kembali paket perjalanan yang dilakukan di Batam. Hal ini terkait antisipasi potensi penyebaran virus corona dari China, yang bisa saja dibawa oleh para turis.

Dari pantauan Batamnews di Bandara Hang Nadim Batam, Kamis (30/1/2020) sekitar pukul 15.30 WIB, puluhan turis China bersiap untuk dipulangkan ke negaranya.

Mereka terlihat membawa kardus barang yang kemungkinan itu adalah bingkisan atau oleh-oleh yang akan dibawa ke kampung halamannya. Selain itu, mereka juga terlihat memakai masker saat di bandara.

Sebelum memasuki bandara, beberapa orang turis itu sempat berkumpul membuat video yang  isinya menyampaikan dukungan moral untuk saudara-saudara mereka di Wuhan, China. “Jiayou Wuhan Jiayou,” kata mereka.

Sebelumnya, pemulangan itu sudah dilakukan secara bertahap dan sudah dilakukan dari hari Senin (27/1/2020), Selasa (28/1/2020) dan hari ini terakhir, Kamis (30/1/2020) sore. Hari pertama ada 127 WNA yang dipulangkan dan hari kedua sebanyak 145 orang.

“Jumlah wisatawan yang pulang dari data yang saya terima, sekitar kurang lebih 300. Jadi hari terakhir sisanya yang akan dipulangkan,” ujar GM Bandara Hang Nadim Batam, Suwarso.

(ude)