Pemko Batam Imbau Warga Tidak Termakan Hoaks terkait Corona

Pemko Batam Imbau Warga Tidak Termakan Hoaks terkait Corona

Wako Batam, HM Rudi mengecek alat thermal scanner di Pelabuhan Ferry Internasional Batam Centre (Foto: Margaretha)

Batam - Wabah Virus Corona dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China menjadi kekhawatiran masyarakat dunia. Batam pun turut siaga, pasalnya otoritas negara jiran Singapura dan Malaysia mengkonfirmasi ada temuan kasus tersebut.

Sejauh ini, belum terkonfirmasi adanya kasus di Indonesia. Namun hal tersebut tidak meredam kekhawatiran warga, khususnya di Batam.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi meminta masyarakat untuk membantu pemerintah dalam memberikan informasi terkait virus Corona ini. Penyebaran informasi yang sangat cepat membuat masyarakat khawatir terkait virus ini.

"Banyak hoaks jadi masyarakat takut. Saya pastikan semua masih terkendali dan aman," ujar Didi.

Didi membantah adanya informasi warga Batam yang diduga menderita gejala seperti yang ditimbulkan virus Corona.

"Tidak ada laporan yang saya terima. Sejauh ini belum ada laporan yang terkait suspect virus Corona ini," katanya.

Ia menjelaskan saat ini pihaknya sudah memiliki grup yang membahas perkembangan virus Corona dan informasi terkait temuan suspect.

“Saya pastikan tidak ada yang dikarantina karena diduga suspect hingga saat ini. Pihak rumah sakit juga belum ada yang lapor. Kalau ada pasti ke kami dulu lapornya," ujar Didi.

Ia menambahkan, hingga kini pihaknya masih berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Batam. Mereka bertugas mengawasi masuknya penumpang dari luar.

"Tentu kami berharap virus ini tidak sampai ke Batam. Karena kita juga merupakan salah satu pintu masuk wisman," ucapnya.

Direktur RSBP Batam, Sigit Riyarto menambahkan, warga Kota Batam tidak perlu khawatir berlebihan. Dari pengamatannya, korban meninggal dunia karena virus ini masih hanya ada di China.

“Memang negara lain sudah masuk ke negara lain selain China, tetapi belum ada korban meninggal,” ujar Sigit baru-baru ini.

Selain itu kata dia, kecenderungan korban meninggal merupakan sudah usia lanjut. Oleh karena itu, Ia mengimbau agar masyarakat lebih memperhatikan kebersihan untuk mencegah virus tersebut.

“Yang terutama, jangan lupa mencuci tangan dengan sabun, itu yang perlu diingat,” kata Sigit.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews