China Berhasil Bangun Rumah Sakit Khusus Coronavirus di Wuhan, Hanya Butuh 48 Jam

China Berhasil Bangun Rumah Sakit Khusus Coronavirus di Wuhan, Hanya Butuh 48 Jam

Rumah Sakit Coronavirus di Wuhan China (Foto: via CGTN)

Batam - Rumah Sakit Coronavirus pertama di Wuhan, China, telah dibuka hari ini. Rumah Sakit Coronavirus itu dibangun pekerja dan relawan hanya selama dua hari. 

Sebuah bangunan kosong diubah menjadi bangunan fasilitas darurat dengan kapasitas 1.000 tempat tidur.

Batch menjadi pasien pertama coronavirus dipindahkan ke Pusat Medis Regional Dabie Mountain sekitar pukul 10.30 malam waktu setempat hari ini, dilaporkan media setempat.

Proyek ini selesai dalam waktu 48 jam berkat upaya bersama staf dari perusahaan konstruksi, perusahaan utilitas dan petugas polisi paramiliter, kata otoritas kota seperti dilansir Daily Mail.

Bangunan rumah sakit di Distrik Huangzhou akan dibuka sebagai cabang baru Rumah Sakit Pusat Huanggang, dan diharapkan akan dibuka pada bulan Mei.

Pada hari Jumat, otoritas setempat memerintahkan pembangunan rumah sakit itu, digunakan hanya untuk merawat pasien virus corona.

Pekerjaan pembenahan dimulai dari hari Sabtu. Kemudian, pada hari Senin, semua tempat tidur telah disiapkan oleh sukarelawan, dan air, listrik dan internet juga telah dipasang, menurut pemerintah Huanggang.

Rekaman yang dirilis oleh Cover News China menunjukkan pekerja medis tengah membiasakan diri dengan fasilitas hari ini sebelum pasien mulai berdatangan.

48 Jam Nonstop

Lebih dari 500 pekerja dan selusin kendaraan berat bekerja dua hari dua malam untuk menyelesaikan tugas tepat waktu.

Terletak 75 kilometer (46,6 mil) barat daya Wuhan, Huanggang memiliki populasi sekitar 7,5 juta dan merupakan salah satu kota yang paling parah terkena virus corona.

Kota itu diisolasi sejak Kamis lalu, hari yang sama dengan isolasi Wuhan.

Virus corona telah menewaskan sedikitnya 131 orang - semuanya di China - dan sekitar  hampir 6.000 terjangkit di seluruh dunia.

Sampai kemarin, empat orang dari Huanggang telah terbunuh oleh virus mematikan dan 213 orang telah terinfeksi.

Meskipun rumah sakit coronavirus Huanggang adalah yang pertama dibuka, itu bukan yang pertama yang direncanakan.

Pemerintah Wuhan mengumumkan Kamis lalu bahwa mereka akan membangun rumah sakit coronavirus dalam seminggu.

Setidaknya ada empat fasilitas yang selesai atau sedang diselesaikan di negara ini.

Semuanya dimodelkan pada pusat medis sementara di Beijing pada tahun 2003, yang dibangun dalam tujuh hari untuk menangani SARS dan merawat satu-ketujuh pasien SARS negara itu dalam waktu dua bulan.

Pihak berwenang Wuhan sedang membangun dua fasilitas khusus untuk merawat total 2.300 pasien coronavirus.

 

(snw)