TNI AU Siapkan Hercules dan Boeing Evakuasi WNI di Wuhan

TNI AU Siapkan Hercules dan Boeing Evakuasi WNI di Wuhan

Pesawat Hercules C130 milik TNI AU. (Foto: Twitter @_TNIAU)

Jakarta - TNI AU menyiagakan tiga pesawat untuk mengevakuasi WNI terkait penyebaran wabah virus corona di Wuhan, China. Tiga pesawat yang disiagakan terdiri dari dua unit Boeing B737 dan satu unit Hercules C130.

Selain armada, TNI AU juga menyiagakan personel dari Batalyon Kesehatan untuk memulangkan WNI.

"Terkait wabah virus Korona 2019-nCoV di Wuhan, China, hasil rapat @PolhukamRI @Kemlu_RI @KemenkesRI, TNI AU telah menyiagakan 2 unit Boeing B737, 1 unit C130 Hercules, dan Batalyon Kesehatan #TNIAU untuk mengevakuasi WNI," kata TNI AU dalam akun twitternya, Rabu (29/1).

Diketahui ada 244 WNI di provinsi Hubei yang tercatat saat ini. Khusus di Wuhan, ibu kota Hubei, terdapat 93 WNI yang tinggal di sana.

Pemerintah Indonesia sedang menyiapkan opsi pemulangan WNI yang masih bertahan di Wuhan. Evakuasi akan dilakukan sesuai koordinasi dengan pemerintah China, mengingat status kota Wuhan, Provinsi Hubei, dalam keadaan "lock down" atau diisolasi. 

Pemerintah China mengisolasi Wuhan dengan melarang transportasi dari dan menuju luar Wuhan demi mengantisipasi penyebaran Virus Corona. Bahkan China belakangan memperluas area isolasi ke kota-kota lain.

Hingga kini jumlah warga di China yang terinfeksi virus corona naik drastis menjadi lebih dari 4.000 orang. Sementara korban meninggal akibat Virus Corona di China per Rabu (29/1) mencapai 131 orang.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews