1,5 Hektare Lahan di Kampung Banjar Ludes Terbakar

1,5 Hektare Lahan di Kampung Banjar Ludes Terbakar

Petugas pemadam kebakaran memadamkan api yang membakar lahan di Kampung Banjar, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan. (Foto: Ary/Batamnews)

Bintan - Lagi-lagi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) melanda Kabupaten Bintan, Sabtu (25/1/2020). Kebakaran ini meludeskan lahan seluas 1,5 Hektare (Ha) Desa Gunung Kijang, Kecamatan Gunung Kijang.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Damkar Toapaya, Nurwendi mengatakan lahan yang terbakar hari ini berada di RT 1/RW 1 Kampung Banjar.

“Kami dapat laporan jam 12.30 WIB ada kebakaran di Kampung Banjar. Saat itu juga kami langsung gerak ke lokasi kejadian,” ujar Nurwendi.

Setelah ke lokasi kejadian, kobaran api tampak membumbung tinggi di tengah-tengah kampung tersebut. Dikarenakan angin kencang dan lahan disana dipenuhi semak-semak yang kering membuat api mudah menyambar hingga meluas bahkan mengarah ke pemukiman warga.

“Lahan yang berada di pinggiran jalan kampung tersebut sudah ludes. Jadi kita langsung bersiaga dekat pemukiman warga karena api mengarah ke sana,” katanya.

Agar kobaran api tidak menyambar rumah-rumah warga. Mobil Damkar berkapasitas 3.000 liter atau 3 ton air langsung masuk ke perbatasan antara lahan dan pemukiman tersebut.

Untuk memadamkan kobaran api itu, kata Nurwendi, pihaknya melakukan dua kali pengisian air pada tangki mobil damkar. Masyarakat setempat dan personel kepolisian ikut membantu memadamkan api.

“Tiga jam kemudian api berhasil dipadamkan. Aksi pemadaman ini menelan air sedikitnya 6 ton,” ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews