Api Hanguskan 1 Hektare Kebun Pisang di Tanjunguban Timur

Api Hanguskan 1 Hektare Kebun Pisang di Tanjunguban Timur

Ilustrasi.

Bintan - Kebun pisang seluas 1 Hektare (ha) di Kampung Mekar Sari, Kelurahan Tanjunguban Timur, Kecamatan Bintan Utara (Binut) ludes terbakar, Senin (6/1/2020). Hingga kini belum diketahui penyebab kebakaran perkebunan tersebut.

Kasubag TU UPT Damkar Binut, Panyodi mengatakan kebun pisang itu diketahui milik warga setempat yaitu Sumiatin. Informasinya kebakaran terjadi sekitar pukul 12.30 WIB namun baru dikabari kepihaknya pukul 13.00 WIB. 

“Satu jam kemudian kami berhasil padamkan api. Namun 1 ha perkebunan pisang itu sudah ludes terbakar,” ujar Panyodi.

Kobaran api sulit dipadamkan sebab saat itu cuaca panas dan angin kencang. Akibatnya api dengan cepat membesar dan merambat ke pohon dan semak belukar yang ada di sekitar kebun pisang.

“Tak ada korban jiwa dalam musibah ini namun kerugian materil tetap ada. Tapi jumlahnya belum diketahui,” katanya.

UPT Damkar Kecamatan Binut meminta kepada seluruh masyarakat yang berada di wilayah utara Kabupaten Bintan. Baik itu Kecamatan Binut, Seri Kuala Lobam maupun Teluk Sebong tidak membuat ruang terjadinya kebakaran, seperti membuat puntung rokok sembarangan atau membakar sampah yang berpotensi terjadi kebakaran. 

“Ingat kondisi saat ini rawan kebakaran karena angin kencang dan cuaca panas. Jadi banyak semak-semak belukar yang mudah terbakar,” ucapnya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews