KKP Tanjungpinang Periksa Suhu Tubuh Penumpang Internasional Antisipasi Virus Corona

KKP Tanjungpinang Periksa Suhu Tubuh Penumpang Internasional Antisipasi Virus Corona

Petugas memantau suhu tubuh penumpang menggunakan thermalscan di pintu kedatangan Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura. (Foto: Adi/batamnews)

Tanjungpinang - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Tanjungpinang menyiagakan satu alat pemantau suhu tubuh (thermalscan) di Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura.

Pemasangan alat tersebut sebagai langkah antisipatif merebaknya wabah virus Corona (nCoV) yang muncul dari Wuhan, Provinsi Hubei, China. 

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Tanjungpinang, Agus Jamaluddin mengatakan pihaknya memperketat pengawasan masuknya penumpang dari luar negeri melalui pelabuhan tersebut.

"Sejak kemarin alat ini sudah dipasang, setiap penumpang akan diperiksa suhu tubuhnya," kata Agus, Kamis (23/1/2020).

Dari alat tersebut, akan terpantau suhu tubuh penumpang. Jika ditemukan ada yang bersuhu tubuh di atas 38 derajat celsius, maka penumpang itu akan diperiksa lebih lanjut.

Pemeriksaan itu mengacu kepada gejala manusia terpapar virus Corona yakni sesak nafas, batuk dan demam dan suhu tubuh di atas 38 derajat celsius.

Meskipun saat ini belum ada ditemukan penumpang terpapar virus Corona, Agus menyampaikan pihaknya menjalankan prosedur pencegahan sesuai arahan pemerintah pusat.

"Tak hanya di Tanjungpinang saja, hampir setiap daerah melakukan pengawasan, Alhamdulillah saat ini belum ada ditemukan," ujarnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews