Kadinkes Sebut Kecil Kemungkinan Virus Corona Masuk Batam

Kadinkes Sebut Kecil Kemungkinan Virus Corona Masuk Batam

Pelabuhan Batam Centre, salah satu pintu masuk ke Batam yang sudah disiagakan alat pendeteksi suhu tubuh, (Foto: Batamnews)

Batam - Virus Corona yang mewabah di Wuhan, China belum masuk ke Batam. Diyakini, kecil kemungkinan virus ini menyebar di Batam.

Keyakinan itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi. Alasannya, tidak ada maskapai yang melayani penerbangan langsung dari Batam menuju Wuhan, China.

"Kecuali untuk Bali memang ada penerbangan langsung ke Wuhan itu seminggu sekali. Jadi, kecil sekali kemungkinan (virus Corona masuk Batam),“ kata Didi, Rabu (22/1/2020). 

Meski yakin akan kecil kemungkinan virus ini masuk ke Batam, namun pemerintah, melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan tetap bersiaga dengan memasang alat pendeteksi suhu tubuh (thermoscan) maupun pemeriksaan secara manual.

Alat ini dipasang di berbagai pintu masuk dan objek vital tertentu, seperti di Bandara Hang Nadim, Pelabuhan Internasional Batam Centre, dan Pelabuhan Sekupang.

“Kalau yang pemeriksaan manual itu di pelabuhan Nongsa Point Marina,” jelasnya. 

Jika nanti ada ditemukan gejala virus corona, pihak KKP akan menyerahkan ke Dinkes untuk mendapat penanganan lanjutan. Dinkes kemudian akan membawa ke RSUD Embung Fatimah dan RSBP Batam. 

“Setelah dinyatakan postif, sampelnya akan dibawa ke Kementerian Kesehatan,” ucapnya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews