Kasus Virus Corona Tak Pengaruhi Penerbangan Batam-Guangzhou

Kasus Virus Corona Tak Pengaruhi Penerbangan Batam-Guangzhou

Bandara Hang Nadim. (Foto: ilustrasi)

Batam - Kendati kabar mewabahnya coronavirus yang menyebabkan kasus mirip pneumonia (radang paru-paru) di Wuhan, China penerbangan langsung Batam-Guangzhou tak terpengaruh hal tersebut.

Direktur BUBU Hang Nadim Batam Suwarso menyebut penerbangan tidak terkendala. “Masih lanjut,” ujarnya , Rabu (22/1/2020).

Suwarso menyebutkan, untuk mengantisipasi pencegahan virus itu masuk ke Batam, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Batam sudah melakukan langkah-langkah untuk pemeriksaan WNA China di pelabuhan dan bandara. “KKP juga sudah menyiapkan thermal scanner di bandara," ucapnya

 Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi myakini bahwa kecil kemungkinan virus ini menyebar di Batam. Alasannya, tidak ada maskapai yang melayani penerbangan langsung dari Batam menuju Wuhan, China.

"Kecuali untuk Bali memang ada penerbangan langsung ke Wuhan itu seminggu sekali. Jadi, kecil sekali kemungkinan (virus Corona masuk Batam),“ kata Didi, Rabu (22/1/2020).

Pada awal tahun 2020, sejumlah media global melaporkan adanya kasus infeksi oleh virus yang tidak dikenal. Pada 11 Januari 2020, otoritas kesehatan Cina, melaporkan ada 40 kasus kejadian luar biasa mirip pneumonia (radang paru-paru) di kota Wuhan, Ibu Kota Provinsi Hubei, Cina.

Pemerintah Cina juga melaporkan hasil temuan laboratorium kasus tersebut ke Badan Kesehatan Dunia (WHO), yang menyatakan bahwa kasus ini bukan kasus flu biasa. Temuan ini disusul dengan laporan dari Thailand tentang kasus serupa dari seorang perempuan yang datang dari Wuhan ke Thailand.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews