Kisah Para Pejabat Terjerat Korupsi Bersama Istri-istri Muda

Kisah Para Pejabat Terjerat Korupsi Bersama Istri-istri Muda

Dari kiri ke kanan: Istri muda Ahmad Fathanah, Sefti Sanustika, istri muda Gatot Pujo Nugroho, Evi Susanti, istri muda Djoko Susilo, Dipta Anindita dan istri ketiga Luthfi Hasan Ishaaq, Darin Mumtazah. (foto: istimewa/tempo)

BATAMNEWS.CO.ID - Terungkapnya sejumlah kasus dugaan korupsi ikut membuka kisah asmara para pelakunya. Bahkan, kisah asmara itu ada juga yang mengungkap peran para istri yang menyembunyikan harta milik sang suami atau ikut berperan dalam perkara korupsi.

Cerita terbaru datang dari kasus yang menjerat Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho dan istri mudanya, Evy Susanti. Keduanya dijerat dengan pasal penyuapan karena diduga sebagai dalang di balik suap hakim Pengadilan Tata Usaha Negara Medan. Sebelum diketahui, Gatot tidak pernah mengaku beristri lagi meski banyak foto-foto yang menampilkan kemewahan mencuat bersama istri mudanya.

Kasus dugaan korupsi dan suap biasanya juga mengungkap hal-hal pribadi, termasuk berapa kali para koruptor itu menikah. Beberapa yang sudah diciduk akhirnya terungkap mempunyai istri muda. Berikut ini daftarnya.

1. Gatot Pujo Nugroho
Gubernur Sumatera Utara yang baru saja ditahan KPK ini juga terungkap mempunyai istri lebih dari satu. Setidaknya di sejumlah media dan ini pun diakui Gatot bahwa tersangka Evy Susanti, yang sekarang turut ditahan, adalah istrinya. Sebelum menikahi Evy, Gatot lebih dulu menikahi Sutias Handayani.

Pria kelahiran Magelang, 11 Juni 1962, ini menikahi Sutias pada 10 Mei 1990 di Medan dan memiliki lima anak. Sutias tercatat sebagai anggota DPRD Deliserdang dari Partai Keadilan Sejahtera, partai yang juga mengusung Gatot sebagai gubernur, dari 2004-2008 saat suaminya terpilih menjadi wakil gubernur.

Gatot mengenal Evy Susanti sejak 2009, tapi belum diketahui sejak kapan keduanya melangsungkan pernikahan. Evy, dikabarkan berprofesi sebagai pemilik salon kecantikan dan pernah bekerja di kantor pengacara OC Kaligis.

2. Luthfi Hasan Ishaaq
Bekas Presiden Partai Keadilan Sejahtera yang sudah dihukum 18 tahun penjara atas kasus suap impor daging ini diketahui mempunyai istri lebih dari satu. Pada 1984, Luthfi menikahi Sutiana Astika. Dari pernikahan pertamanya ini, ia mempunyai 12 anak.

Istri kedua, Lusi Tiarani Agustine, dinikahi tahun 1996. Tiga anak diperoleh dari pernikahannya dengan Lusi. Istri ketiganya Darin Mumtazah, kebetulan keturunan Arab. Darin dinikahi Luthfi pada 2012. Rahasia ini terungkap saat persidangan Ahmad Fathanah, terpidana kasus korupsi impor sapi.

Yang membuat heboh, Darin masih duduk di bangku kelas III sekolah menengah kejuruan dan baru berumur 18.

3. Djoko Susilo
Inspektur Jenderal Djoko Susilo yang divonis 10 tahun penjara pada 3 September 2013 karena kasus korupsi simulator SIM di Polri terbukti mempunyai tiga istri. Istri pertama Djoko adalah Suratmi, yang juga teman masa kecilnya.

Istri kedua Djoko, Mahdiana, dinikahi pada 27 Mei 2001 di Kantor Urusan Agama Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Uniknya, di KUA, dia mengaku bernama Joko Susilo Sarimun. Sedangkan kepada kerabat Mahdiana, Djoko mengaku bernama Andika Susilo.

Lain lagi saat menikahi istri ketiganya, Dipta Anindita, di Solo pada Desember 2008. Kepada penghulu, Djoko mengaku masih lajang dan kelahiran 1970. Padahal aslinya Djoko lahir 1960.

Pernikahan bekas petinggi Polri itu dengan Dipta Anindita layak masuk Museum Rekor Indonesia (MURI).

Djoko waktu itu memberikan mahar pernikahan senilai Rp 15 miliar secara tunai. Senior Manager MURI Paulus Pangka menilai baru kali ini ia dengar mahar sebesar itu. "Luar biasa, dan baru dengar ada mahar senilai itu, apalagi dibayar tunai," ujar Paulus.

4. Ahmad Fathanah
Ahmad Fathanah, yang sudah dihukum 16 tahun pada kasus suap impor daging sapi, juga terkenal mempunyai banyak teman wanita. KPK sendiri menyatakan menemukan 45 nama penerima aliran uang Fathanah. Pada 1993, ia menikahi Siti Fatimah, tapi bercerai pada 1999. Mereka mempunyai tiga anak.

Fathanah kembali menikah dengan Dewi Kirana, tapi hanya bertahan sampai 2006. Pada 2008, Surti Kurlianti dinikahi Fathanah. Pada Desember 2011, Fathanah kembali menikah, kali ini dengan penyanyi dangdut Sefti Sanustika.
 
Ketika menikah dengan Sefti, Fathanah mengaku sudah cerai. "Bapak bilang duda, pernah menikah tapi sudah cerai," kata Sefti.

Dengan Sefti, Fathanah sudah mempunyai seorang anak. Sefti sempat mengungkapkan kekesalan ketika hukuman suaminya diperberat.
 
(ind/bbs/tempo)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews