Hari Amal Bhakti Ke-74: Nizar Resmikan PTSP Kemenag Lingga

Hari Amal Bhakti Ke-74: Nizar Resmikan PTSP Kemenag Lingga

Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar saat memimpin upacara HAB (Foto:ist)

Lingga - Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar memimpin secara langsung upacara peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-74, di halaman Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Lingga, Jumat (3/1/2020) pagi.

Bertindak sebagai pembina upacara, Nizar mengungkapkan bahwa peringatan HAB Kemenag ini guna merefleksikan rasa syukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, serta merupakan suatu penghargaan terhadap jasa-jasa para perintis dan pendiri Kemenag.

Kata dia, Kemenag hadir dalam rangka pelaksanaan pasal 29 Undang-undang Dasar (UUD) 1945, yang menegaskan bahwa Negara berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa; dan Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya.

"Dalam negara Pancasila, siapa pun dengan alasan apa pun tidak diperkenankan melakukan propaganda anti-agama, penistaan terhadap ajaran agama dan simbol-simbol keagamaan, menyiarkan agama dengan pemaksaan, ujaran kebencian dan kekerasan terhadap pemeluk agama yang berbeda," ujar Nizar saat membacakan sambutan Menteri Agama RI, Fachrul Razi.

"Demikian pula segala kebijakan pemerintah juga tidak boleh bertentangan dengan kaidah agama dan ideologi negara," sambung Nizar.

Sejalan dengan tema HAB tahun 2020 yakni "Umat Rukun, Indonesia Maju", Wakil Bupati Lingga mengajak seluruh jajaran Kemenag di daerah, agar mampu hadir sebagai agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama di Tanah Air.

"Kerukunan antar umat beragama merupakan modal kita bersama untuk membangun negara dan menjaga integrasi nasional," sebutnya.

Secara khusus, Nizar juga mengajak jajaran Kemenag Lingga untuk memperhatikan beberapa hal penting, yakni senantiasa menjaga idealisme, kejujuran, integritas dan budaya kerja Kemenag di tengah arus kehidupan yang serba materialistis. Kemudian menyelaraskan antara kata dengan perbuatan, sesuaikan tindakan dengan sumpah jabatan.

Selain itu, ia juga mengimbau semua jajaran Kemenag untuk memperkuat ekosistem pembangunan bidang agama antar sektor dan antar pemangku kepentingan, baik sesama institusi pemerintah, tokoh agama, organisasi keagamaan dan segenap elemen masyarakat, serta merangkul semua golongan dan potensi umat dalam semangat kebersamaan, kerukunan, persatuan dan moderasi beragama.

Diakhir pidatonya, Nizar mengajak seluruh jajaran Kemenag Lingga untuk bersinergi dengan semua pihak agar bisa mengimplementasikan Visi dan Misi Pemerintah ke dalam program kerja Kemenag di semua unit kerja pusat, daerah dan Perguruan Tinggi Keagamaan.

Usai pelaksanaan upacara HAB, Nizar yang didampingi oleh Kakan Kemenag Lingga M Nasir meresmikan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kemenag Lingga yang ditandai dengan pemotongan pita secara bersama-sama, dan berkesempatan melihat langsung pelayanan yang diberikan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews