Tae Yong dan Demam Pelatih Asia Timur di Negara Asia Tenggara

Tae Yong dan Demam Pelatih Asia Timur di Negara Asia Tenggara

Shin Tae-Yong

Jakarta - Shin Tae-Yong baru ditunjuk menjadi pelatih timnas Indonesia. Hal ini semakin menegaskan bahwa negara Asia Tenggara kini tengah demam pelatih dari Asia Timur.

Tae Yong resmi diperkenalkan sebagai pelatih timnas Indonesia, Sabtu (28/12/2019), di Stadion Pakansari, Cibinong. Pria asal Korea Selatan ini diikat kontrak selama empat tahun oleh PSSI untuk menangani tim Garuda.

Kehadiran Tae Yong sebagai juru taktik tim Merah Putih menambah daftar pelatih asal Asia Timur yang kini menangani timnas negara anggota Federasi Sepak bola ASEAN (AFF). Enam negara Asia Tenggara kini tercatat diasuh oleh pelatih dari Asia Timur.

Dua pelatih berasal dari Korea Selatan. Sementara empat sisanya berpaspor Jepang.

Selain Indonesia negara ASEAN lain yang dilatih sosok asal Korea Selatan adalah Vietnam. The Golden Dragons lebih dulu memiliki Park Hang Seo.

Empat nama lain yang berasal dari Jepang adalah Tatsuma Yoshida yang membesut Singapura, Akhira Nishino yang kini melatih Thailand, Norio Tsukitate yang berkarier bersama Timor Leste dan Keisuke Honda yang melatih Kamboja bersama Felix Dalmas.

 

Park Hang-Seo Awali Demam Pelatih Asia Timur di Asia Tenggara.

Keberhasilan Hang Seo bersama Vietnam menjadi awal dari pelatih Asia Timur laris manis di negara Asia Tenggara. Pria 60 tahun ini direkrut oleh Vietnam pada 2017 lalu.

Sempat diragukan karena tak punya pengalaman melatih timnas, Hang Seo secara luar biasa mampu membawa Rong Vang berprestasi di segala tingkatan umur. Awalnya ia mengantarkan Vietnam U-23 melaju ke final Piala AFC dan Semifinal Asian Games di tahun 2018.

Tangan dinginnya menular ke timnas senior saat menghadirkan trofi Piala AFF 2018. Terakhir, medali emas SEA Games 2019 berhasil disabetnya bersama Vietnam.

Dikutip dari Transfermarkt, Hang Seo telah menjalani 22 laga bersama timnas senior Vietnam. Ia mampu mengantarkan anak asuhannya menang 12 kali menang, enam imbang dan hanya empat kalah. Torehannya ini membawa Vietnam kini menempati peringkat ke-94 di ranking FIFA.


Kamboja dan Thailand Mengejutkan dengan Pelatih Jepang

Sukses besar Hang Seo membuat negara-negara ASEAN mengekor Vietnam dengan menunjuk pelatih asal Asia Timur. Kamboja dan Thailand paling mengejutkan dengan dua pelatih asal Jepang.

Kamboja memilih Honda untuk menjadi pelatih mereka sejak Agustus 2018. Honda tak sekadar menjadi pelatih namun juga General Manajer bersama Tim Seribu Pagoda. Hal tersebut membuat pria 32 tahun ini tak selalu menemani langsung Kamboja di pinggir lapangan.

Kerja pria yang kini juga masih bermain untuk Melbourne Victory mulai terasa di SEA Games 2019. Kamboja yang dulunya kerap menjadi lumbung gol tim lain mampu lolos ke semifinal.

Thailand yang akrab dengan pelatih Eropa juga mengambil langkah berani menunjuk Nishino pada Juli tahun ini. Tim Gajah Putih kini tengah merajut asa di Kualifikasi Piala Dunia 2022 bersama mantan pelatih timnas Jepang ini.

Dari lima laga yang telah dilalui Thailand di ajang tersebut, Nishino punya catatan yang apik. Ia membawa Teerasil Dangda dkk menang dua kali,imbang dua kali dan baru kalah sekali.

Kini, kita tinggal menunggu pembuktian dari Tae Yong. Apakah demam pelatih Asia Timur juga memberi dampak positif untuk Indonesia?

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews