Timnas U-22 Harus Hati-hati Long Range Shoot Vietnam

Timnas U-22 Harus Hati-hati Long Range Shoot Vietnam

Pemain Timnas U-23 Indonesia, Saddil Ramdani dalam pertandingan Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Minggu (1/12/2019). Timnas Indonesia kalah 1-2 dari Vietnam. (Foto: Kompas.com)

Jakarta - Timnas Indonesia U-22 akan melawan Vietnam di final sepakbola putra SEA Games 2019. Rahmad Darmawan berpesan agar Garuda Muda mewaspadai dua kekuatan utama lini depan Vietnam.

Indonesia akan menghadapi Vietnam di Rizal Memorial Stadium, Selasa (10/12/2019) pukul 19.00 WIB. Kedua tim sebelumnya sudah bertemu di fase grup, di mana Fire Dragon Warriors berhasil menang 2-1.

Kala itu, Indonesia kebobolan lewat sundulan yang berawal dari set piece dan satu tendangan jarak jauh. Khusus bola-bola atas, tim asuhan Park Hang-seo sudah mencetak delapan gol dari sundulan sepanjang SEA Games 2019. Dua hal ini yang harus diwaspadai Evan Dimas dkk

"Kemarin kan ada golnya itu (melawan Vietnam), satu dari corner kick, satu dari long range shoot. Dua hal itu, juga hindari untuk membuat pelanggaran di sepertiga bawah dan tidak memberi ruang kepada lawan untuk melakukan tendangan dari luar kotak penalti," ujar pelatih yang akrab disapa RD itu.

RD melihat Vietnam menyadari kekuatan Indonesia saat melakukan deep defending. Untuk menyiasatinya, Vietnam akhirnya menggunakan tendangan jarak jauh untuk mencetak gol ke gawang Nadeo Argawinata.

"Memang cara untuk melawan compact defense itu ada empat, satu penetrasi, kedua combination play, ketiga wing play, keempat long range shoot. Yang dibuat (Vietnam) long range shoot. Setelah mereka gagal kombinasi, gagal penetrasi, wing play juga kalah, mereka main dengan long range shoot (dan berhasil)."

 

Vietnam lemah dalam situasi serangan balik

Meski begitu, RD melihat Indonesia bisa mengandalkan serangan balik saat melawan Vietnam. Hal ini terbukti saat mengalahkan Thailand dan Singapura di fase grup.

"Timnas cepat dalam hal counter attack. Kecepatan pemain-pemain kita sangat membantu sekali. Saya rasa coach Indra dalam beberapa pertandingan juga sudah bekerja untuk itu ya, untuk bermain dengan cara seperti itu," kata RD.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews