Polres Lingga Tes Narkoba Kru Kapal KMP Paray dan Senangin Lewat Uji Air Liur

Polres Lingga Tes Narkoba Kru Kapal KMP Paray dan Senangin Lewat Uji Air Liur

Petugas tengah melakukan tes narkoba kepada kapten dan kru kapal roro di Pelabuhan ASDP Jagoh (Foto:dok.polres)

Lingga - Kepolisian Resor (Polres) Lingga melakukan pemeriksaan narkoba terhadap kapten dan kru kapal penyeberangan roll on roll off (Roro) KMP Paray dan KMP Senangin di Pelabuhan Roro ASDP Jagoh, Kecamatan Singkep Barat, Rabu (25/12/2019).

Kapolres Lingga AKBP Joko Adi Nugroho, melalui Kasat Resnarkoba AKP Hadi Sucipto mengatakan, pemeriksaan ini dilakukan dalam rangka Operasi Lilin Seligi 2019. Pada pemeriksaan narkoba ini, alat yang digunakan yakni Stik Drugwipe dengan air liur.

"Umumnya, untuk pemeriksaan narkoba biasanya dengan metode uji urine, akan tetapi kali ini berbeda. Setiap kru kapal diminta untuk menjulurkan lidahnya. Setelah itu, diletakkan alat di sana," kata AKP Hadi.

Hasil dari pengecekan air liur terhadap 8 orang yang terdiri dari 5 orang kapten dan kru ASDP KMP Paray dan 3 orang kapten dan kru KMP Senangin yang dilakukan secara acak dinyatakan (Negatif) tidak menggunakan narkoba.

"Kegiatan ini dilaksanakan guna mengecek kesiapan para kapten dan kru kapal yang akan membawa para penumpang, serta menciptakan situasi yang aman kondusif bagi masyarakat yang hendak menaiki kapal di hari libur parayaan Natal dan Tahun Baru," ujarnya.

Adapun petugas yang ikut dalam pemeriksaan ini yakni Personil Satresnarkoba Polres Lingga, Petugas Dinas Kesehatan, Petugas Dinas Perhubungan, Petugas Syahbandar, Kepala Pos Jagoh, serta Ketua Syahbandar.

(ruz)