Libur Natal dan Tahun Baru

Dinkes Lingga Siagakan Tenaga Kesehatan di Pelabuhan dan Bandara

Dinkes Lingga Siagakan Tenaga Kesehatan di Pelabuhan dan Bandara

Tenaga kesehatan di Pelabuhan Jagoh (Foto:ist)

Lingga - Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Lingga, mengerahkan beberapa tenaga kesehatan di RSUD Dabo Singkep, RSUD Daik Lingga dan Puskesmas se-Kabupaten Lingga, untuk membuka posko kesehatan di beberapa pintu masuk ke Negeri Bunda Tanah Melayu, seperti pelahuhan dan bandara.

Kepala DKPPKB Lingga, dr Asri Wijaya melalui Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan Kesehatan, Ahmad Mudlofir mengatakan, pembukaan posko kesehatan ini juga sejalan dengan Operasi Lilin Seligi 2019 yang digelar Kepolisian Resor (Polres) Lingga, 23 Desember 2019 hingga 6 Januari 2020, dalam rangka pengamanan libur Natal dan Tahun Baru 2020.

"Sehubungan dengan kegiatan itu, maka kami dari Dinas Kesehatan meminta agar RSUD dan Puskesmas untuk siap siaga mengantisipasi kegawatdaruratan di tempat masing-masing, termasuk di pustu dan polindes," kata Mudlofir kepada Batamnews, Rabu (25/12/2019).

Lanjutnya, bagi Puskesmas yang memiliki wilayah cakupan hingga ke pelabuhan dan terminal, diminta untuk membentuk posko dan bekerjasama dengan pihak-pihak terkait, mulai dari Bhabinkamtibmas, Polsubsektor maupun Polsek di wilayah masing-masing.

"Di Pelabuhan Jagoh kita kerahkan tim Dinkes yang diwakili Puskesmas Lanjut. Kemudian di Bandara Dabo, ada tim Dinkes yang diwakili Puskesmas Dabo Lama dan di simpang tiga Wisma Ria, tim Dinkes diwakili dari tim RSUD Dabo," jelasnya.

Selain itu, Mudlofir mengatakan bahwa tim Dinkes juga melakukan pemeriksaan narkoba bersama Satresnarkoba Polres Lingga di Pelabuhan Jagoh untuk kru kapal tujuan Tanjungpinang dan Batam. Kemudian terhadap kru pesawat di Bandara Dabo Singkep dan Pelabuhan Roro Jagoh.

"Kami harap agar petugas yang ditunjuk dapat memakai atribut P3K atau uniform yang menunjukkan sebagai tenaga kesehatan. Kami juga berharap masyarakat juga dapat terlayani dengan baik," pungkasnya.

(ruz)