KPPAD Imbau Orang Tua Pantau Anak Saat Libur Sekolah

KPPAD Imbau Orang Tua Pantau Anak Saat Libur Sekolah

Ketua KPPAD Lingga, Encek Afrizal (Foto:ist)

Lingga - Seluruh pelajar mulai dari PAUD, TK, SD, SMP hingga SMA saat ini sudah pun memasuki masa libur sekolah, sekaligus Natal dan Tahun Baru. Libur ini pun akan berlangsung hingga 6 Januari 2020 mendatang.

Melihat panjangnya masa libur tersebut, Ketua Komisi Pengawasan dan Perlindungan Anak Daerah (KPPAD) Lingga, Encek Afrizal pun mengimbau kepada setiap orang tua untuk dapat mendekatkan interaksi kepada anak-anak mereka di waktu tersebut.

"Orang tua harus merencanakan liburan dengan anak secara baik, termasuk mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan anak sesuai dengan tujuan tempat berlibur. Seperti tujuan libur di daerah banyak wisata air, maka dipastikan peralatan-peralatan keamanan dan fasilitas yang dibutuhkan, termasuk obat-obatan dan makanan," kata dia kepada Batamnews, belum lama ini.

Lanjut Encek, pemerintah daerah juga perlu untuk memastikan keamanan dan kenyamanan anak-anak dalam berlibur. Seperti kemanan transportasi publik yang laik dan aman. Serta tempat-tempat wisata yang aman dan ramah bagi pengunjung anak.

"Kemudian kami juga meminta masyarakat dan perusahaan/swasta penyedia fasilitas berlibur untuk memastikan dan memakai standar pengamanan maksimal sesuai dengan regulasi yang berlaku. Termasuk menyiapkan ketersediaan tenaga pemandu yang terlatih dan sensitif terhadap perlindungan anak," ujarnya.

Sementara terkait cuaca musim penghujan yang melanda Kepulauan Riau termasuk Lingga di akhir tahun ini, diharapkan bisa menjadi perhatian semua pihak termasuk orang tua untuk tetap waspada dalam melindungi anak-anak.

"Sekali lagi pengawasan berlapis sangat dibutuhkan untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan dalam keselamatan dan kenyamanan bagi anak," pungkas Encek.

(ruz)