Bawaslu Lingga Lantik 39 Anggota Panwascam Pilkada 2020

Bawaslu Lingga Lantik 39 Anggota Panwascam Pilkada 2020

Ketua Bawaslu Lingga, Zamroni melantik sebanyak 39 Anggota Panwascam Pilkada 2020 (Foto:ist)

Lingga - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lingga, melantik sebanyak 39 anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Lingga, di Aula Hotel Lingga Pesona, Daik, Senin (23/12/2019) pagi.

Ketua Bawaslu Lingga, Zamroni menjelaskan, proses seleksi dalam pembentukan Panwascam Lingga di 13 kecamatan telah dilakukan sejak November lalu. Seleksi Panwacam Lingga untuk periode 2019-2020 dilakukan dengan serangkaian proses panjang.

"Proses pembentukan Panwascam dilakukan dengan desain rekrutmen sebagaimana Keputusan Bawaslu tentang Pedoman Pembentukan Panwas Kecamatan," kata Zamroni disela-sela pelantikan Panwascam Pilkada 2020, Senin (23/12/2019).

Lanjutnya, salah satu dimensi pentingnya adalah untuk dapat menghasilkan sumber daya manusia yang betul-betul siap mendedikasikan seluruh kemampuan dan kapasitasnya untuk melaksanakan ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Banyak parameter yang ditetapkan dalam desain seleksi tersebut, selain faktor integritas dan kridibilitas, pengetahuan dan wawasan terkait pemilihan juga keterampilan seseorang Panwascam. Panwascam ini dituntut untuk harus menguasai keterampilan dasar seperti kemampuan menggunakan komputer," ujarnya.

Kata Zamroni, tantangan dalam penyelenggaraan pemilihan, berdasarkan bentangan sejarah pelaksanaan pemilihan bila dibandingkan dengan penyelenggaraan Pemilu sangat berbeda. Tipologi aktor politik, relasi-relasi antar aktor politik, potensi konflik dan lain sebagainya berbeda dalam dua jenis pemilu tersebut.

"Maka, tentu diperlukan kualitas, integritas dan kridibilitas Panwas Kecamatan yang dapat menyelenggarakan pengawasan di tingkat kecamatan sehingga Pemilihan dapat berjalan secara demokratis, lansung, umum, bebas dan rahasia dan jujur dan adil," sebutnya.

Panwascam terpilih adalah orang-orang pilihan, yang sesuai ekpektasi. Keterpilihan Anggota Panwascam ini melalui kompetisi yan sehat, sehingga menyebabkan calon-calon Panwascam lainnya tidak terpilih.

"Atas keterpilihan sahabat-sahabat semua, saya mengucapkan selamat datang di keluarga besar Bawaslu. Kita semua akan bekerja sama dalam melaksanakan tugas, wewenang dan kewajiban untuk terselenggaranya Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota tahun 2020 yang demokratis, langsung, umum, bebas dan rahasia serta jujur dan adil," ucap Zamroni.

"Sekali lagi saya mengucapkan selamat kepada sahabat-sahabat semua. Dan saya berpesan kepada sahabat-sahabat semua untuk selalu menjaga integritas dan kridibilitas serta selalu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sehingga sahabat-sahabat semua dapat menjalankan tugas sebaik mungkin," sambungnya.

Diketahui, dari masing-masing kecamatan di Kabupaten Lingga, terdapat tiga orang anggota Panwascam. Mereka akan ikut mengawal Pilkada 2020 menjadi Pilkada yang jujur dan adil.

(ruz)