Viral Kopi Disebut Jadi Penyebab Mahasiswa Masuk UGD

Viral Kopi Disebut Jadi Penyebab Mahasiswa Masuk UGD

Foto: iStock

Jakarta - Sebuah kisah viral di media sosial soal mahasiswa mahasiswa yang masuk UGD karena jantung berdebar tidak beraturan. Mahasiswa ini meyakini ada hubungannya dengan minum kopi.

Ilham Rachmat Putera, seorang mahasiswa di Bandung, menuliskan pengalamannya tersebut di Twitter pada 12 Desember 2019 silam, yang kemudian banjir komentar dan disebarkan atau retweet hingga ribuan kali.

Dikisahkan, Ilham mendadak mengalami jantung berdebar yang tidak beraturan. Tubuhnya terasa sangat tidak nyaman, sehingga ia dilarikan ke UGD sebuah rumah sakit. Di sana, ia mendapat oksigen untuk melancarkan pernapasan.

"Ternyata kopi menjadi salah satu penyebab jantung berdebar lebih cepat dari biasanya," tulis Ilham dalam cuitannya, sebelum menyinggung kondisi medis SVT atau supraventricular tachycardia yang kemungkinan tengah dialaminya.

Menurut ahli jantung dari RS Siloam Karawaci, dr Vito A Damay, SpJP, menjelaskan bahwa kopi bukan penyebab SVT. Kopi bisa saja menjadi pencetus SVT pada orang-orang yang memang sudah punya kelainan listrik jantung sebelumnya. Di RS, kondisi ini bisa diatasi antara lain dengan pemberian pil anti aritmia.

"Kadang periode kumat ini stop sendiri. Sambil ke RS boleh coba minum air dingin atau taruh wajah anda di wadah air dingin atau tahan napas sebentar. Tapi kalau berlangsung lama sebaiknya ke RS saja bisa diberikan obat suntikan intravena," jelas dr Vito.

Ilham meluruskan bahwa ada beberapa faktor yang membuatnya 'drop' saat itu. Selain karena minum kopi, kemungkinan juga karena telat makan karena ia tengah sibuk menyiapkan ujian akhir semester keesokan harinya.

"Diagnosa dokter karena telat makan atau mengonsumsi kopi merupakan penyebab keluhan saya tersebut," jelasnya.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews