Satgas Pangan Kota Batam Catat Kenaikan Harga Cabai dan Sayur Bayam

Satgas Pangan Kota Batam Catat Kenaikan Harga Cabai dan Sayur Bayam

Tim satgas pangan saat memastikan stok dan harga pangan. (Foto: Margaretha/Batamnews)

Batam - Menjelang natal dan tahun baru, Tim Satgas Pangan Kota Batam melakukan pemantauan dan pengawasan distribusi bahan pokok, Senin (23/12/2019).

Kasubdit I Ditreskrimsus Polda Kepri, AKBP Ponco Indrio mengatakan, kegiatan pemantauan ini dilakukan di empat titik. Tim Satgas Pangan terdiri dari Ditreskrimsus Polda Kepri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam, Bulog dan Karantina.

"Hari ini kami melakukan sidak ke empat titik, diantaranya Pasar Avava, Tos 3000, distributor daging dan distributor buah," ujar Ponco.

Ia menjelaskan, kegiatan pemantauan dilakukan dengan menyisir sejumlah pergudangan dan tempat distribusi untuk mengantisipasi agar tidak terjadi penimbunan bahan kebutuhan pokok, sekaligus mengendalikan harga menjelang natal dan tahun baru

“Harga kebutuhan pokok terkendali,  stok pangan juga aman sampai satu bulan kedepan,” katanya.

Namun untuk harga bahan pokok tertentu, seperti cabe mengalami kenaikan karena tekendala transportasi. Dari hasil sidak tersebut, diketahui harga cabe hijau dan merah medan telah mencapai Rp 55 ribu per kilogram padahal sebelumnya masih Rp 45 ribu per kilogram.

"Sedangkan untuk sayur bayam juga mengalami kenaikan. Sebelumnya Rp 12 ribu dan saat ini Rp 25 ribu. Kenaikan ini dikarenakan faktor cuaca yang buruk," sebutnya.

Sedangkan untuk bahan pokok lainnya tidak ada mengalami kenaikan. Seperti gula masih Rp 11 ribu per kilogram, telur Rp 46 ribu per papan, dan daging ayam Rp 30 ribu per kilogram.

"Sejauh ini stok bahan pokok menjelang Natal dan Tahun baru aman. Apabila ditemukan pelanggaran, maka akan langsung kami mengambil tindak," kata dia.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews