Tujuh Kuliner Khas Indonesia yang Cocok Jadi Sajian Natal

Tujuh Kuliner Khas Indonesia yang Cocok Jadi Sajian Natal

Ilustrasi. (Foto: Sixty and Me)

Batam - Perayaan Natal tinggal dua hari. Sejumlah persiapan dilakukan oleh mereka yang merayakan kelahiran Yesus Kristus ini, termasuk menyiapkan sajian kuliner saat Natal tiba.

Kuliner Natal ternyata tak selalu identik dengan makanan khas Barat. Menu-menu asli Indonesia juga kerap disajikan di Hari Raya umat Kristiani ini.

Berikut tujuh makanan khas Indonesia yang kerap menjadi sajian saat Natal, seperti dilansir Phinemo:

1. Ikan kuah kuning khas Ambon

Di Ambon terdapat masakan khas Natal yang wajib dicoba, yaitu ikan kuah kuning. ikan yang di masak bersama bumbu rempah rempah Indonesia ini biasanya disajikan pedas dan disantap dengan papeda. Ikan yang dimasak biasanya ikan tuna atau ikan muba dengan kunyit dan kapur. Kebayangkan segar dan nikmat dari makanan khas Ambon ini?

2. Kue poporcis khas Ambon

Jika ikan kuah kuning dijadikan untuk santapan di malam Natal, kali ini kita akan membahas menu sarapan yang disajikan di hari Natal. Makanan itu bernama kue poporcis. Sebagian penduduk Ambon akan mengubah menu paginya dengan kue poporcis atau yang kerap disebut juga poffertjes. Kue mirip pancake ini terbuat dari labu kuning dicampur terigu.

3. Ayam rica-rica khas Manado

Makanan ini adalah masakan khas Natal Manado, Sulawesi Utara. Kata Rica sendiri berasal dari bahasa Manado yang artinya pedas atau cabai. Ayam rica-rica biasanya disajikan dengan nasi yang ditaburi bawang goreng dan juga sudah dilengkapi dengan mentium. Makanan yang sudah tersebar ke seluruh Indonesia ini memang  pas untuk hidangan natal. Rasanya yang pedas membuatnya menjadi makanan yang selalu dinanti di meja makan saat natal.

4. Klapertart khas Manado

Setelah makan ayam rica-rica yang lumayan pedas, memakan kue yang legit dirasa menjadi penutup makanan yang sangat menyenangkan. Salah satu hidangan manis khas Natal ada di Manado yaitu klapertart. Dengan berbahan dasar kelapa, tepung terigu, susu, mentega, dan telur, kue ini juga sangat cocok untuk dijadikan teman saat kumpul keluarga di hari Natal nanti. 

5. Ayam budu-budu khas Makassar

Kota Makassar juga mempunyai makanan khas Natal, namanya ayam budu-budu. Hidangan ini dimasak dengan berbagai macam rempah-rempah. Aromanya dijamin membuat kamu semakin lapar. Masakan Natal ini terdiri dari potongan ayam, air jeruk nipis, air asam Jawa, jahe, dan daun bawang. Makanan ini sangat nikmat jika disantap dengan nasi hangat.

6. Lapet khas Tapanuli

Lapet yang berasal dari daerah Tapanuli menjadi makanan khas saat perayaan Natal. Lapet merupakan kue tradisional di daerah tersebut yang sering pula disajikan dalam berbagai perayaan, termasuk saat Natal. Kue yang terbuat dari tepung beras dengan campuran kepala parut dan gula merah ini biasanya dibungkus daun pisang dengan bentuk menyerupai piramida.

7. Bagea khas Nusa Tenggara Timur

Bukan hanya masakan saja, kue pun menjadi santapan yang wajib ada saat Natal. Kue Bagea biasanya berbentuk bulat dengan warna coklat pucak. Bagea terbuat dari Sagu ditambahkan dengan gula halus, biji cintang, tepung sagu, minyak sayur, tepung terigu yang sudah diayak sebelumnya, ditambah dengan kacang cintang halus, bumbu kayu manis, dan bubuk cengkeh. Dengan menggunakan banyak bahan dan rempat-rempat membuat cemilan ini terasa lezat dan pas di padukan dengan teh atau kopi.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews