Mudik Natal, 3.762 Penumpang Tinggalkan Batam Lewat Batuampar

Mudik Natal, 3.762 Penumpang Tinggalkan Batam Lewat Batuampar

Antrean penumpang di Pelabuhan Batuampar yang hendak mudik merayakan Natal dan tahun baru di kampung halaman. (Foto: istimewa)

Batam - Puncak arus mudik Natal dan Tahun Batu juga terlihat di Pelabuhan Batuampar pada Sabtu (21/12/2019). Ribuan penumpang meninggalkan Batam menggunakan KM Kelud.

Berdasarkan manifest total penumpang yang meninggalkan Batam mencapai 3.762 penumpang, dengan tujuan Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatera Utara.

Kepala Operasional PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) cabang Batam, Dicky Dermawandi mengatakan KM Kelud berangkat pukul 14.00 WIB, setelah bersandar dan menurunkan penumpang.

"Ya tadi sesuai jadwal. Tadi kapal datang lebih awal, sehingga proses penurunan penumpang lebih cepat dari jadwal yang ada," ujarnya.

Ia menjelaskan puncak arus mudik ini, KM Kelud mengangkut jumlah penumpang sesuai dengan kapasitas dan dispensasi yang dikeluarkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). 

Baca: Arus Mudik Natal, Pelabuhan Domestik Sekupang Mulai Alami Lonjakan Penumpang

Karena puncak arus mudik, semua seat maupun nonseat terisi semua. Pemesanan tiket paling banyak diminati untuk keberangkatan tanggal 21, 23, dan 29 Desember. 

“Karena sudah mendekati hari Nataru,” ucapnya.

Ia menambahkan keberangkatan tadi sudah cukup ramai dan penuh. Akibatnya proses check in, para penumpang harus mengantre. 

"Sebab yang berangkat lebih banyak dari hari biasanya. Kalau kemarin tidak sampai tiga ribu yang berangkat," jelasnya.

Dicky mengingatkan kepada calon pemudik yang akan berangkat di jadwal selanjutnya, agar datang satu jam sebelum keberangkatan serta menyiapkan data diri dan tiket kapal. 

"Bawa barang jangan terlalu banyak juga. Walaupun kami paham mudik tanpa oleh-oleh tidak sah tapi coba disesuaikan dengan kemampuan saja. Agar memudahkan pemudik juga nantinya," kata dia.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews