Pokdakan Desa Tinjul di Lingga Panen 1,7 Ton Udang Vaname

Pokdakan Desa Tinjul di Lingga Panen 1,7 Ton Udang Vaname

Anggota Pokdakan Desa Tinjul tengah memilah udang vaname hasil panen (Foto:ist)

Lingga - Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Terus Berkembang, Desa Tinjul, Kecamatan Singkep Barat, Kabupaten Lingga, melakukan panen perdana udang vaname di lahan tambak seluas 2.400 meter persegi, Rabu (18/12/2019) kemarin.

Kepala Dinas Perikanan (Diskan) Lingga, Kasiman mengatakan, penebaran benih udang vaname di lahan tambak yang dikelola Pokdakan Desa Tinjul ini dilakukan pada 14 September lalu. Adapun jumlah benih yang ditebarkan yakni sebanyak 100.000 ekor.

"Panen perdana ini ada 1,7 ton. Hasil ini sudah mencukupi harapan kami Dinas Perikanan," kata Kasiman kepada Batamnews, Jumat (20/12/2019).

Lanjut dia, hasil dari panen tersebut tidak hanya dijual ke dalam daerah. Tapi juga dijual ke Kota Batam. "Dijual ke Acai Penuba sebanyak 550 kg, Aheng Pasar Puja Bahari Nagoya 297 kg, Yongki Pasar Mitra Jaya Batam Center 505 kg, kemudian untuk lokal 116 kg," ujarnya.

Kemudian, untuk sisanya sekitar 232 kg dibagikan kepada anggota pokdakan Desa Tinjul yang ikut bekerja saat panen. Diketahui, pembudidayaan udang vaname di Desa Tinjul ini merupakan percontohan Diskan Lingga yang bersumber dari APBD 2019.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews