Desa Batu Kacang di Lingga Wakili Kepri Ikut Lomba GKPD Tingkat Nasional

Desa Batu Kacang di Lingga Wakili Kepri Ikut Lomba GKPD Tingkat Nasional

Kades Batu Kacang (tengah baju biru) usai menerima penghargaan sebagai juara 1 pada lomba Desa Pangan Aman (Desa Paman) tingkat Kabupaten Lingga (Foto:ist)

Lingga - Desa Batu Kacang, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, akan mewakili Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) pada lomba Gerakan Keamanan Pangan Desa (GKPD) tingkat nasional tahun 2019.

Kepala Desa Batu Kacang, M Suharkopeni mengatakan, GKPD merupakan salah satu program New Inisiative Badan POM yang bertujuan untuk meningkatkan kemandirian masyarakat desa di bidang keamanan pangan serta mendukung terbentuknya Desa Pangan Aman (Desa Paman).

"Program New Inisiative ini merupakan program berkesinambungan yang telah dilaksanakan dari tahun 2015," kata dia kepada Batamnews, Rabu (18/12/2019).

Pria yang akrab disapa Peni ini menjelaskan, tahun ini ada tiga desa di Kabupaten Lingga, yang mendapatkan bimbingan atau pembinaan dari Badan POM Batam. Ketiga desa tersebut yakni, Desa Batu Kacang, Tanjung Harapan, dan Desa Resang.

"Tiga desa ini kemudian dilombakan, dan alhamdulillah Desa Batu Kacang keluar sebagai juara pertama. Maka kami akan mewakili Kepri untuk ke lomba tingkat nasional atas usulan Badan POM Batam, karena tahun ini yang dibina Kabupaten Lingga," ujarnya.

Lanjutnya, program ini dilakukan agar dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan Keamanan Pangan sehingga pangan yang dikonsumsi merupakan pangan yang bermutu dan aman bagi kesehatan.

"Keberhasilan ini atas dukungan kader keamanan pangan desa, masyarakat, kecamatan, juga bimbingan Badan POM, Dinkes, Disdik, DPMD dan lainnya. Berkat semangat yang luar biasa, akhirnya capaian ini dapat kami raih," pungkas Peni.

(ruz)