Ini Alasan Pertamina Embargo Premium ke SPBU Tanjungpiayu

Ini Alasan Pertamina Embargo Premium ke SPBU Tanjungpiayu

(Foto: istimewa)

Batam - Pasokan bahan bakar subsidi jenis premium dihentikan Pertamina ke Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 14 294 737, Tanjungpiayu, Sei Beduk.

Unit Manager Comunication Relation & CSR MOR 1 Pertamina, Roby Hervindo mengatakan pemberhentian sementara layanan pengisian premium tersebut selama satu bulan terhitung mulai hari ini, Jumat (20/12/2019).

"Kami kenakan sanksi penghentian sementara pasokan Premium selama 1 bulan hingga 20 Januari 2020," kata Roby, Jumat siang. 

Sanksi ini diberikan setelah Pertamina bersama Disperindag melakukan inspeksi mendadak (sidak) beberapa hari lalu dan menemukan adanya pelanggaran dari SPBU. 

Baca: SPBU Tanjungpiayu Kena Embargo Pasokan Premium

Sidak ini juga dilakukan setelah mendengar banyak keluhan dari masyarakat tentang panjangnya antrean di SPBU setiap mengisi bahan bakar subsidi tersebut. 

"Dari temuan saat sidak, SPBU tersebut kedapatan melanggar ketentuan yakni melayani kendaraan pelangsir," ujarnya. 

Bahan bakar bersubsidi tersebut dijual ke pelangsir menggunakan motor dengan tangki yang sudah dimodifikasi. 

Robi mengungkapkan saat ini seluruh SPBU di Kota Batam telah dilakukan pengawasan oleh Pertamina. Bahkan pihaknya akan terus melakukan pemeriksaan dan pantauan rutin ke setiap SPBU. 

"Kita juga akan memberikan pembinaan kepada SPBU agar menjalankan fungsinya sebagai pelayan masyarakat dan bukan malah melayani pelangsir," tutupnya. 

(das)