Pertamina Jamin Stok Elpiji 3 Kg Aman Jelang Natal

Pertamina Jamin Stok Elpiji 3 Kg Aman Jelang Natal

Ilustrasi.

Batam - Pertamina wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) memastikan pasokan elpiji 3 kg tidak akan terhambat. Selain itu juga distribusi ke agen juga tidak akan mengalami pengurangan. 

Unit Communication Manager & CSR MOR I Pertamina, Roby Hervindo mengatakan penyaluran gas elpiji 3 kg sudah disesuikan dengan kebutuhan masyarakat. 

"Yang kita jamin ketersediaan LPG 3 kg di pangkalan resmi bukan di pengecer,” ujar Roby, Kamis (28/11/2019). 

Terkait informasi mengenai kelangkaan elpiji 3 kg di pangkalan, pihaknya akan mengecek langsung. Namun jika kelangkaan terjadi di pengecer, Pertamina tidak menjamin. 

“Satu desa, satu pangkalan,” kata dia. 

Saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah (Pemda) terkait wilayah yang belum terjangkau. Ditambah lagi, rekomendasi wilayah untuk pengadaan pangkalan. 

Sejauh ini, Pertamina sudah menerima usulan dari Pemda setempat. Namun, pihaknya harus melakukan sesuai prosedur yang berlaku. 

"Intinya keterwakilan dari satu wilayah. Misalnya Batam sudah padat, dan tidak bisa lagi menambah pangkalan, jika mau di daerah yang pinggiran," jelasnya. 

Mengenai pengecer elpiji yang dapat memperoleh gas, Roby menyebutkan para pengecer biasanya mendapatkan elpiji dengan membeli langsung ke pangkalan. 

“Atau bisa juga kerjasama dengan oknum agen atau pangkalan,” kata dia. 

Terkait penindakan dan pengawasan, Pertamina tidak berwenang untuk mengawasi atau menindak pihak pengecer. Karena tidak ada ikatan kerja sama sehingga pengawasan dan penindakan merupakan ranah Pemerintah Daerah dan petugas Kepolisian.

Pihaknya juga menyatakan untuk distribusi elpiji hingga akhir tahun ini mencukupi. Untuk persiapan menjelang natal dan tahun baru ini akan, kuota gas ditambahkan sekitar 10 persen.

"Kouta hingga akhir tahun ini mencukupi, kita akan tambahkan sekitar 10 persen lagi. Penyesuaian dengan pola konsumsi masyarakat," katanya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews