Asrama Mahasiswa Lingga di Tanjungpinang Dibangun Tahun Depan

Asrama Mahasiswa Lingga di Tanjungpinang Dibangun Tahun Depan

Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar bersama mahasiswa Lingga di Tanjungpinang saat meninjau lokasi pembangunan asrama mahasiswa Lingga di Kelurahan Air Raja (Foto:istimewa untuk Batamnews)

Lingga - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga, akan segera membangun asrama mahasiswa Kabupaten Lingga di Kota Tanjungpinang, pada 2020 mendatang. Lahan untuk pembangunan gedung itu pun sudah menjadi milik Pemkab Lingga.

Kepala Bagian (Kabag) Tata Pemerintahan (Tapem) di Setretariat Daerah (Setda) Lingga, Gandime Diyanto mengatakan, lahan untuk pembangunan asrama tersebut berukuran 20 meter x 50 meter, dengan luas 1000 meter persegi.

"Lahannya sudah selesai. Sampai hari ini sudah clear semua. Lokasi pembangunan asrama ini di Kelurahan Air Raja, RT 3/RW 8, Kecamatan Tanjungpinang Timur," kata Gandi kepada Batamnews, Rabu (18/12/2019).

Ia menjelaskan, anggaran yang dikucurkan untuk pembebasan lahan tersebut senilai Rp 440 juta. Penilaian harga tanah itu dilakukan oleh Konsultan Jasa Penilaian Publik (KJPP). Hal ini juga sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 148 tahun 2015, Pasal 121.

"Jadi harga lahannya itu Rp 440 juta. Ini juga berdasarkan nilai pasar, karena pengadaan tanah secara langsung sesuai aturan," ujar pria yang juga menjabat sebagai Pelaksana tugas (Plt) Camat Lingga Utara ini.

Lanjutnya, untuk lokasi sendiri, dipilihnya Kelurahan Air Raja karena sesuai dengan permintaan mahasiswa. Awalnya ada tiga lokasi pilihan, namun mahasiswa lebih memilih lokasi di Kelurahan Air Raja, dengan mempertimbangkan banyak faktor, salah satunya akses ke kampus.

"Kami pada Mei lalu sudah melakukan sosialisasi dengan masyarakat Kelurahan Air Raja. Alhamdulillah respon warga setempat positif dan mereka menyambut baik. Kemudian kami kembali melakukan sosialisasi, kali ini dengan mahasiswa pada 21 September lalu," sebut Gandi.

Kata dia, tahun 2020 mendatang asrama tersebut sudah mulai dibangun. Pemkab Lingga sudah menyiapkan anggaran untuk pembangunan asrama tersebut. Hal ini juga dibenarkan oleh Asisten I Pemkab Lingga, Rusli.

"Kalau angka pastinya untuk pembangunan itu saya kurang tahu. Tapi ada lah, itu kan yang menentukan Pak Bupati langsung. Kalau berapa kisarannya itu, Dinas PU yang tahu, kalau kami hanya menetapkan sekian. Nanti PU yang menyesuaikan. Yang jelas tahun depan sudah dibangun menggunakan APBD 2020," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPR-PKP) Lingga, Abdul Khatab mengatakan, pembangunan asrama mahasiswa Lingga di Kota Tanjungpinang tersebut akan dilakukan secepatnya pada tahun 2020 mendatang.

"Anggarannya itu kalau tidak salah saya sekitar Rp 1 miliar lebih. Angka pastinya berapa saya tidak ingat. Tapi yang jelas anggarannya sudah ada," sebutnya.

Sebagaimana diketahui, pembangunan asrama untuk mahasiswa Lingga yang menempuh pendidikan di Kota Tanjungpinang tersebut, sudah diimpikan mahasiswa sejak lama. Maka ketika asrama tersebut nantinya sudah dibangun, akan menjadi aset Pemda Lingga.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews