Catat! Ada 19 Ruas Jalan Berbahaya di Bintan

Catat! Ada 19 Ruas Jalan Berbahaya di Bintan

Petugas menandai salah satu lubang di ruas jalan Bintan yang masuk kategori bahaya untuk dilalui. (Foto: Ari/batamnews)

Bintan - Jelang Natal dan Tahun Baru, Satlantas Polres Bintan melakukan evaluasi kondisi seluruh jalanan di Kabupaten Bintan. Mereka mengecek jalan-jalan yang bermasalah dan rawan kecelakaan.

Kasat Lantas Polres Bintan, AKP Rendi Johan Prasetyo mengatakan evaluasi jalanan ini dilakukan dalam rangka persiapan Operasi Lilin Seligi 2019 yang dilaksanakan selama Natal dan Tahun Baru.

“Selain jalanan, kita juga mengecek segala sarana perlengkapan jalan di wilayah timur, tengah dan utara Kabupaten Bintan,” ujar Rendi, kemarin.

Sasaran evaluasi ini terdiri dari 9 item antara lain mengecek jalan yang berlubang, jalan bergelombang, bahu jalan yang tidak dilakukan perkerasan, bahu jalan yang lebih tinggi dari badan jalan, dan tikungan tajam dengan ruang pengawasan yang tidak efektif. 

Kemudian jembatan tanpa penerangan jalan, turunan dan tanjakan yang membahayakan, rambu dan marka yang tidak efektif, pohon peneduh jalan yang tidak efektif.

“Dari pengecekkan selama 9 jam, kita mendapati ada 19 jalan yang rawan dan berbahaya dilintasi karena semuanya mencakup 9 item tersebut,” jelasnya.

Lokasi jalanan yang sudah dilakukan penilaian dari 9 item tersebut yaitu Jalur Lintas Barat Simpang Batoh Desa Penaga Kecamatan Teluk Bintan, Jalur Lintas Barat mendekati Jembatan III Kampung Tanah Merah Desa Penaga Kecamatan Teluk Bintan, Jalur Lintas Barat Kampung Bintan BekapurbDesa Penaga Kecamatan Teluk Bintan, Jalur Lintas Barat Simpang Tengku Said Kampung Bintan Bekapur Desa Bintan Buyu Kecamatan Teluk Bintan.

Berikutnya, Jalur Lintas Barat Simpang Tok Bidin Dekat Jagonya Sop Desa Bintan Buyu Kecamatan Teluk Bintan, Jalur Lintas Barat Kampung Gisi Kecamatan Teluk Bintan, Jalur Lintas Barat mendekati Simpang Ceruk Ijuk Kecamatan Toapaya, Jalur Lintas Barat Simpang Ceruk Ijuk, Kecamatan Toapaya, Jalur Lintas Barat dekat Perumahan Anggrek Bintan Batu 16 Desa Toapaya Selatan Kecamatan Toapaya.

Lalu, Kampung Baru Kelurahan Tanjung Uban Utara Kecamatan Bintan Utara, Kampung Baru naikan Bukit Lababa Kelurahan Tanjunguban Utara Kecamatan Bintan Utara, Kampung Baru Turunan Bukit Lababa Kelurahan Tanjunguban Utara Kecamatan Bintan Utara, Depan SMA 5 Sakera, Kelurahan Tanjunguban Utara Kecamatan Bintan Utara, Jalan Panca Marga, Kelurahan Tanjunguban Utara Kecamatan Bintan Utara.

Kemudian Jalan Panca Marga dekat jembatan Rumah makan Golden Seefood Kelurahan Tanjunguban Utara Kecamatan Bintan Utara, Jalan Panca Marga Desa Sebong Pereh Kecamatan Teluk Sebong, Tikungan Perumahan Lobam Mas Asri Kecamatan Seri Kuala Lobam, Jalan Depan Perum LDII Kecamatan Seri Kuala Lobam dan Jalan depan Perumahan Bukit Tanjung Permai Kecamatan Seri Kuala Lobam.

“Hasil observasi dan pemetaan kondisi jalan dan sarana kelengkapannya ini akan menjadi data dalam bahasan di Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan (FLLAJ) Bintan sebagai langkah preventif dalam penanganan masalah-masalah penyelengaraan jalan yang berkeselamatan,” ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews