Dinas Perikanan Lingga Panen Parsial Udang Vaname di Tinjul dan Marok Kecil

Dinas Perikanan Lingga Panen Parsial Udang Vaname di Tinjul dan Marok Kecil

Kepala Diskan Lingga, Kasiman (Kemeja putih) saat melakukan panen parsial di tambak udang Desa Tinjul (Foto:ist/Batamnews)

Lingga - Dinas Perikanan (Diskan) Lingga, melakukan panen parsial udang vaname di tambak udang yang dikelola Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Terus Berkembang, Desa Tinjul, Kecamatan Singkep Barat, Minggu (24/11/2019).

Kepala Diskan Lingga, Kasiman melalui Kepala Seksi (Kasi) Sarana dan Prasarana Perikanan Budidaya, Febri Gustiadi mengatakan, panen parsial atau sebagian tersebut dilakukan sebagai langkah pengecekan sebelum dilakukan panen secara keseluruhan.

"Yang panen parsial di Desa Marok Kecil di tambak Koperasi Tunas Garda Terbilang sebanyak 3,5 ton. Dilanjutkan dengan panen parsial di Tinjul, ini baru tahap awal," kata Febri kepada Batamnews, Selasa (26/11/2019).

Ia menjelaskan, pembibitan udang di tambak Desa Marok Kecil tersebut, merupakan bantuan dari Dana Alokasi Khusus (DAK), dengan jumlah benih yakni 350.000 ekor. Sedangkan di Desa Tinjul merupakan percontohan Diskan Lingga yang bersumber dari APBD dengan jumlah 100.000 ekor benih.

"Penebaran benih ini kami lakukan pada 14 September lalu. Nanti hasil panen ini akan diambil oleh pengusaha Batam. Kami berharap di tahun-tahun berikutnya akan lebih besar jumlah udang vaname yang akan kita hasilkan," ujarnya.

Diketahui, adapun luas tambak udang vaname di Desa Tinjul tersebut yakni, 2.400 meter persegi. Sedangkan di Desa Marok Kecil memiliki luas sekitar 2 hektare (ha).


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews