Peringatan HGN di Karimun, Rafiq: Tugas Pendidik Perangi Kebodohan

Peringatan HGN di Karimun, Rafiq: Tugas Pendidik Perangi Kebodohan

Upacara peringatan Hari Guru Nasional di Karimun. (Foto: Edo/batamnews)

Karimun - Upacara hari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-74 dan peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2019, diikuti ratusan guru di lapangan Coastal Area, Kabupaten Karimun, Senin (25/11/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Karimun Aunur Rafiq selaku inspektur upacara membacakan amanat ketua PB PGRI Unifah Rosyidi.

Dalam amanat yang dibacakan Rafiq, Unifah menyampaikan tugas pendidik adalah memperjuangkan dan berperang melawan kebodohan.

Oleh karena itu, guru memiliki peran strategis dalam mewujudkan Indonesia unggul, serta guru penggerak Indonesia maju.

"Peran guru meningkatkan pendidkan. Merawat perkembangan positif peserta didik. Menjadikan ruang kelas sebagai awal perubahan. Ataupun di luar kelas dengan komunikasi yang interaktif," kata Rafiq.

Saat ini, guru bukan lagi menjadi satu-satunya sumber informasi karena cepatnya kemajuan teknologi. Namun meski demikian guru tidak dapat digantikan dengan teknologi.

"Betapa majunya teknologi dengan segala turunannya, sejatinya guru tidak pernah dapat digantikan oleh teknologi," kata Rafiq.

Guru juga diharapkan untuk terus dapat berinovasi dan menjadi contoh teladan bagi para murid.

"Guru mengabdikan dirinya terus berinovasi dalam melaksanakan tugas. Sadar jika dirinya menjadi contoh siswanya. Guru jaman kini dan jaman mendatang dibutuhkan sebagai Indonesia unggul," ucapnya.

Selain itu, Unifah juga berpesan agar PGRI dari tingkat pusat hingga ranting dapat bekerja keras, bekerja sama dengan pemerintah pusat dan pemda untuk mencapai terciptanya pendidikan nasional yang bermutu dan unggur.

"PGRI sebagai organisasi profesi dan independen harus tetap dijaga. PGRI harus terus bergerak dan terus memperbaiki diri," ujarnya.

Kemudian, Rafiq menyebutkan, atas nama Pemerintah Kabupaten Karimun mengucapkan terimakasih kepada guru termasuk guru honorer.

Untuk itu, sudah seharusnya perhatian terhadap guru menjadi sangat penting. Mulai dari memenuhi kebutuhan guru, profesionalisme, kesejahteraan, pelatihan, hingga perlindungan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews