Google Bekali Pelatihan Cek Fakta Bagi Jurnalis Tanjungpinang

Google Bekali Pelatihan Cek Fakta Bagi Jurnalis Tanjungpinang

Pelatihan Google News Initiative Training Network di Sekretariat AJI Tanjungpinang. (Foto: Sutana/batamnews)

Tanjungpinang - Puluhan jurnalis dari berbagai platform media yang tergabung dalam Serikat Media Antihoaks di Provinsi Kepri turut ambil bagian kegiatan Google News Initiative Training Network yang digelar di Sekretariat Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Tanjungpinang, Komplek Bintan Center, Sabtu (23/11/2019). 

Kegiatan yang dinisiasi oleh AJI Indonesia dan Google News Initiative ini juga digelar serentak di 23 newsroom, di seluruh Indonesia. 

Selama dua hari, Sabtu dan Minggu, para jurnalis ini akan diasah ketrampilannya untuk memanfaatkan sejumlah tools online guna melakukan verifikasi online atas beragam informasi yang terindikasi hoaks, serta melakukan pengecekan kebenaran rumor yang beredar di dunia maya. 

Budiarto, salah satu trainer dalam pelatihan ini berharap, dengan pelatihan ini seluruh tools yang dipelajari nantinya dapat dimanfaatkan oleh para jurnalis dalam proses penyusunan berita.

"Diharapkan peserta kreatif dan inovatif untuk memerangi hoaks. Kuncinya adalah perlu latihan secara intens," kata Budi.

Imelda, trainer lainnya menambahkan, selain untuk mengasah ketrampilan dalam menggunakan tools google, pelatihan ini juga sebagai wadah kaderisasi untuk menciptakan trainer yang baru. 

"Semoga anggota AJI Tanjungpinang ada yang terpilih untuk menjadi trainer literasi Google News Initiative Training Network di tahun-tahun berikutnya," sebutnya.

Ketua AJI Tanjungpinang Jailani berharap, setelah pelatihan ini para jurnalis dapat semakin memahami perkembangan media di era digital. Selain itu, beragam tools yang dipelajari dalam pelatihan ini sangat diharapkan dapat mendukung kinerja jurnalis.

"Sehingga nantinya penyajian berita sesuai fakta dan data," katanya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews