IMPAS Ingin Dusun Senempek di Lingga Bersih dari Sampah

IMPAS Ingin Dusun Senempek di Lingga Bersih dari Sampah

Ikatan Pemuda dan Mahasiswa Senempek (IMPAS) melakukan goro membersihkan sampah yang berserakan (Foto:ist/Batamnews)

Lingga - Dalam rangka menyambut perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, sekaligus sebagai agenda rutin mingguan, Ikatan Pemuda dan Mahasiswa Senempek (IMPAS), menggelar gotong royong (goro), Minggu (10/11/2019) kemarin.

Ketua IMPAS, Harizan mengatakan, selain untuk menjaga kebersihan lingkungan perkampungan Senempek, goro tersebut juga sebagai bentuk untuk terus menjaga kekompakan para pemuda dan pemudi setempat.

"Goro ini memang sudah jadi kegiatan mingguan kami. Apalagi pas momentum Maulid Nabi Muhammad SAW, karena kalau di daerah kami, setiap masyarakat dari luar akan berkunjung untuk bersilaturahmi ke kampung Senempek, begitu juga kampung lainnya," kata dia kepada Batamnews, Senin (11/11/2019).

Lanjutnya, selain membersihkan lingkungan darat, IMPAS juga sering kali melakukan goro di sungai dan pantai. Pasalnya di pesisir Kampung Senempek, terdapat hutan bakau dan sungai yang bermuara langsung ke laut.

"Sekarang setiap warga juga sudah punya karung goni untuk mengumpulkan sampah. Jika sudah penuh, dalam satu minggu kawan-kawan dari IMPAS tinggal mengambil dan membersihkan sedikit sampah yang berserakan di jalan," ujarnya.

Meski di awal-awal kegiatan bersih-bersih tersebut masyarakat masih saja membuang sampah sembarangan, tapi ia masih memakluminya. Pasalnya masyarakat masih awam dan terbiasa membuang sampah tidak ditempatnya.

"Untuk bulan-bulan ini masyarakat sudah mulai sadar terkait bahayanya sampah bila dibuang sembarangan apalagi di sungai dan laut. Alhamdulillah respon warga dengan kegiatan ini luar biasa," pungkas Harizan.

Dengan demikian, hadirnya IMPAS di Dusun senempek, Desa Limbung, dengan anggota puluhan orang tersebut, diharapkan dapat memberikan nilai positif kepada masyarakat Senempek. Selain kebersihan lingkungan, juga untuk masa depan Senempek.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews