Tekong Lupa Tutup Lubang Baut, Speedboat di Kijang Karam

Tekong Lupa Tutup Lubang Baut, Speedboat di Kijang Karam

Speedboat karam di Perairan dekat Pelabuhan Tradisional Tekojo, Kijang, Kecamatan Bintan Timur. (Foto: Ary/Batamnews)

Bintan - Speedboat fiber khusus mengangkut penumpang tujuan Kijang, Kecamatan Bintan Timur-Kecamatan Mantang terbalik dan tenggelam di Perairan Tokojo, Kelurahan Kijang Kota, Selasa (5/11/2019) siang.

Beruntung dalam insiden ini tidak ada korban jiwa. Namun speedboat tersebut tak dapat beraktivitas sementara waktu karena mengalami masalah usai tenggelam.

Salah seorang warga, Yati mengakui, angin kencang melanda wilayah Pelabuhan Tokojo. Angin itu mengantam pompong hingga terbalik.

"Semalam tengah hari kejadiannya. Pas angin kencang, Alhamdulillah tak ada apa-apa," ujar Yati, Rabu (6/11/2019).

Kapolsek Bintan Timur, AKP Krisna Ramadhani mengaku kapal fiber yang digunakan untuk mengangkut penumpang tujuan Kijang-Mantang itu tenggelam di Pelabuhan Tokojo.

"Iya tenggelam tapi karena kelalaian tekongnya sendiri. Bersangkutan tidak menutup lubang baut mesin sehingga air masuk dan memenuhi bagian dalam kapal lalu tenggelam," ujarnya Rabu (6/11/2019).

Dari hasil interogasi, sebelum kejadian, Senin (4/11/2019) sekitar pukul 17.00 WIB. Tekongnya membawa kapal untuk diservis di bengkel Desa Mantang Lama.

Usai diservis, tekongnya pulang ke Perumnas Tokojo sedangkan kapal ditambatkan di pelabuhan.

Selasa (5/11/2019) sekitar 16.00 WIB ketika tekongnya kembali ke pelabuhan, diketahui bahwa kapalnya sudah tenggelam dengan posisi bagian belakang tenggelam dan bagian depan timbul.

Mengetahui kejadian tersebut, tekong meminta bantuan kepada saksi dan masyarakat setempat untuk membantu menarik kapalnya.

"Jadi dalam insiden ini tidak ada korban jiwa, sebab kapalnya tidak sedang beraktivitas dan tenggelamnya di pelabuhan juga," ucapnya.

 

(ary)