BMKG Imbau Warga Waspada Banjir dan Tanah Longsor

BMKG Imbau Warga Waspada Banjir dan Tanah Longsor

Ilustrasi

Lingga - Badan Meteorologi, Klimatoligi dan Geofisika (BMKG) Dabo Singkep, mengimbau agar warga yang bermukim di sekitaran area sungai, untuk waspada terhadap kemungkinan terjadinya banjir. Pasalnya, di bulan November ini merupakan puncak kedua curah hujan tinggi di tahun 2019.

"Kami imbau waspada rumah pemukiman pada daratan rendah yang dekat sungai dangkal. Kemudian drainasenya penuh dengan sampah juga bisa mengakibatkan banjir, begitu juga rumah-rumah dekat lereng yang tanahnya labil akan terjadi longsor," kata Kepala BMKG Dabo, Sahat Mauli Pasaribu kepada Batamnews, Selasa (5/10/2019).

Ia mengungkapkan, di bulan November ini boleh dikatakan hujan akan turun lebih sering dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

"Kalau untuk gelombang di perairan Lingga, tingginya normal. Tapi pada saat adanya awan Cumulonimbus, maka akan ada perubahan mendadak di perairan Lingga. Seperti saat ini awan Cumulonimbus berada di Kepulauan Singkep dan sekitarnya dan meluas ke wilayah Daik Lingga dan perairan Lingga," ujarnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews