Siapa Sangka, Miliuner India Ini Pernah Kerja di Jawa Timur

Siapa Sangka, Miliuner India Ini Pernah Kerja di Jawa Timur

Lakshmi Mittal. (Foto: Forbes.com)

Orang kaya atau miliuner biasanya berjaya di negara sendiri. Mereka bertransformasi dari karyawan toko hingga membangun bisnis sendiri hingga kaya raya.

Tapi ternyata, miliuner ini memulai bisnisnya di negara lain. Dan negara itu adalah Indonesia. Tepatnya di Surabaya, Jawa Timur, miliuner India tersohor Lakshmi Mittal mulai membangun bisnisnya.

Mengutip laman Forbes, miliuner ini memiliki kekayaan senilai USD 11,2 miliar atau sekitar Rp157 triliun (asumsi kurs Rp14.035).

Lakshmi Mittal lahir di Sadulpur, Rajasthan, India. Pada tahun 1960, keluarganya pindah ke Calcutta dan ayahnya membangun pabrik baja di sana. Mittal muda bekerja membantu ayahnya sembari kuliah jurusan sains di St Xavier College.

Mittal lulus pada tahun 1970 dan melanjutkan bekerja di pabrik. Namun setelahnya, sang miliuner mencoba peruntungan dengan pindah ke Indonesia, tinggal selama 10 tahun dan membangun pabrik baja bernama PT Ispat Indo di Waru, Jawa Timur.

Dari pabrik baja inilah, bisnisnya semakin berkembang. Kini, Mittal mengelola perusahaan baja Mittal Steel Company NV dengan kantor pusat di Rotterdam, Belanda.

Dia membeli pabrik-pabrik baja yang rugi dan mengembangkannya hingga sukses.

Selain itu, miliarder ini juga memegang sejumlah aset baja di berbagai negara seperti Indonesia, Afrika Selatan, Polandia dan Kazakhstan.

Berkat usahanya, dirinya menjadi orang terkaya ke-91 di dunia menurut Forbes.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews