KPU Kepri Mulai Sosialisasi Pilkada Serentak 2020

KPU Kepri Mulai Sosialisasi Pilkada Serentak 2020

KPU Kepri mulai sosialisasi Pilkada serentak 2020. (Foto: Sutana/Batamnews)

Tanjungpinang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepri mulai melakukan sosialisasi tahapan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020.

Tahap awal ini, KPU Kepri menggelar sosialisasi bersama jurnalis yang berada di Ibukota Provinsi Kepri di Tanjungpinang. Kegiatan digelar di Hotel CK Tanjungpinang, Jumat (1/11/2019).

Ketua KPU Provinsi Kepri, Sriwati mengatakan, kegiatan pemula ini digelar sebagai upaya mensosilisasikan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020 di Provinsi Kepri yang akan datang.

"Intinya kami KPU Kepri akan melaksanakan tahapan pilkada serentak ini dengan sebaik dan semaksimal mungkin," katanya.

Sementara itu, anggota komisioner KPU Kepri Parlindungan Sihombing pada kesempatan ini mengatakan, proses tahapan kegiatan ini sebenarnya telah dilakukan sejak 30 September lalu dengan melakukan persiapan perencanaan program dan anggaran.

"Sesuai tahapan, KPU melakukan penyusunan dan penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah (NPHD), dan Provinsi Kepri yang paling pertama melakukan NPHD sebelum tanggal 1 Oktober 2019 sesuai tahapan," ujarnya.

Ia juga menambahkan, mulai tanggal 1 November 2019 ini, KPU memulai melakukan tahapan sosialisasi kepada masyarakat sampai 22 September 2020 mendatang.

Tidak hanya akan melakukan sosialisasi, KPU mulai 1 November ini akan mensejalankan Penyuluhan/Bimbingan Teknis (Bimtek) ke KPU Kabupaten/Kota.

"Bimtek ini bukan hanya untuk ke KPU Kabupaten/Kota, tetapi dilakukan juga ke PPK, PPS, dan KPPS dan sesuai tahapan akan dilakukan hingga 22 November 2020 mendatang," ujarnya.

Parlindungan menambahkan, dalam waktu dekat ini KPU Kepri akan menggelar launching memperkenalkan maskot pilkada Kepri yang akan digelar di Kota Batam.

"Launching ini sekalian sosialisasi dan akan dilakukan pada 8 November 2019 nanti yang digelar di Lapangan Engku Putri, Batam," katanya.

Menurut dia, pertimbangan melaksanakan launching maskot Pilkada serentak di Kota Batam ini karena beberapa pertimbangan, diantaranya Batam merupakan daerah yang jumlah penduduknya terbanyak di Kepri ini.

"Selama ini acara launching pilkada Kepri selalu digelar di Tanjungpinang. Untuk saat ini kami gelar di daerah lainnya supaya lebih beragam dan sosialisasi ini dapat meningkatkan partisipasi pemilu," tururnya.

(sut)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews