91 Pelamar Bersaing Rebutkan 20 Posisi Tenaga Non-PNS Bandara Tambelan

91 Pelamar Bersaing Rebutkan 20 Posisi Tenaga Non-PNS Bandara Tambelan

Ilustrasi. (Foto: flickr.com)

Bintan - Kantor Unit Penyelenggara Bandara (KUPB) Kelas III Dabo Singkep telah membuka lowongan pekerjaan khusus tenaga kerja Non-PNS untuk ditempatkan di Bandara Tambelan. Pendaftarannya telah dibuka sejak September 2019 lalu.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bintan, Muhammad Insan Amin mengatakan rekrutmen ini diikuti oleh 300 pelamar. Mereka berasal dari Kabupaten Bintan, Kota Tanjungpinang dan Batam.

“Berkas pelamar langsung diseleksi. Hasilnya hanya 200 lebih pelamar yang memenuhi syarat administrasi,” ujar Insan, Senin (28/10/2019). 

Setelah seleksi administrasi, kata Insan, para pelamar dari tiga wilayah ini diwajibkan untuk mengikuti tes kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bintan di Kijang, Kecamatan Bintan Timur. Hasilnya hanya 145 pelamar yang dinyatakan lulus.

“Di sini banyak yang tersisihkan juga. Paling banyak yang keluar saat diukur tinggi badannya, minimal 165 Cm,” katanya.

Kemudian pelamar yang lulus mengikuti tes berikutnya yaitu wawancara. Dari 145 pelamar hanya 91 pelamar yang mendapatkan nilai terbaik. 

Mereka inilah yang berhak melalui tes tahapan terakhir yaitu ujian dengan sistem CAT di Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Bintan.

“Pada tes akhir ini hanya 20 orang saja yang akan diluluskan. Sesuai dengan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan,” jelasnya.

Mereka yang lulus akan bertugas sebagai personel Avsec sebanyak 10 orang, personel PKP-PPK sebanyak 4 orang, pemelihara bangunan dan landasan pacu sebanyak 2 orang, teknik listrik sebanyak 2 orang serta pengelola tata usaha dan kepegawaian sebanyak 2 orang.

Setelah itu mereka akan dilatih selama 3 pekan oleh ahli-ahli di bidang penerbangan dan kebandarudaraan. Apabila mereka dinyatakan sudah siap untuk bertugas, maka pihak KPUB Kelas III Dabo Singkep akan menempatkan mereka di Bandara Tambelan.

“Pelatihannya selama 3 minggu. Seperti sekolah lah, Senin-Jumat belajar sedangkan Sabtu dan Minggu libur,” ucapnya. 

(ary)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews