Kayu Kaliandra Dirancang Jadi Biomassa Pembangkit Listrik di Kepri

Kayu Kaliandra Dirancang Jadi Biomassa Pembangkit Listrik di Kepri

Plt Gubernur Kepri Isdianto memberikan keterangan pers kepada wartawan usai bertemu GM PLN Wilayah Riau Kepri, 11 Oktober 2019 lalu. Isdianto menyatakan ketertarikannya mengembangkan tanaman Kaliandra yang kayunya dapat dijadikan sebagai bahan bakar pembangkit listrik. (Foto: ist)

Tanjungpinang - Pemerintah Provinsi Kepri merencanakan akan mengelola dan membudidayakan kayu Kaliandra sebagai biomassa pembangkit listrik yang ada di Provinsi Kepri.

Hal ini disampaikan Plt Gubernur Provinsi Kepri H Isdianto di Tanjungpinang , beberapa waktu lalu.

"Saya baru tahu kalau kayu Kaliandra bisa menjadi salah satu alternatif biomassa pembangkit listrik," ujar Isdianto.

Dikatakan Isdianto, bahwa menurut Kepala PLN Riau Kepri beberapa waktu lalu, bahwa penggunaan kayu Kaliandra sebagai biomassa pembangkit listrik ini sudah diterapkan diKarimun.

"Ini merupakan alternatif yang baik, Pemprov Kepri akan terus mendukung jika nantinya penggunaan kayu Kaliandra ini dapat dikembangkan di setiap daerah di Provinsi Kepri," ungkap Isdianto.

Selain bernilai ekonomis, jika memang menjanjikan, pihaknya juga akan mengembangkan kayu Kaliandra ini sebagai salah satu komoditas pertanian.

"Selain dapat digunakan sebagai alternatif biomassa pembangkit listrik, kita juga bisa kembangkan nilai ekonomisnya," ujarnya.

Pihaknya sedang berupaya untuk dapat mengkaji lebih lanjut terkait pengelolaan kayu Kaliandra ini.

"Jika bahan bakar listrik seperti batu bara langka dan akan habis, kita harap dengan adanya pembangkit listrik dari kayu Kaliandra ini jadi alternatif nya," tambah Isdianto.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews