Miris, Cuma 2 OPD di Kepri yang Berkinerja Baik

Miris, Cuma 2 OPD di Kepri yang Berkinerja Baik

Kepala Inspektorat Pemprov Kepri Mirza Bahtiar.

Tanjungpinang - Kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Kepri masih memprihatinkan. Dari puluhan OPD, hanya dua yang mendapatkan nilai layak.

Kepala Inspektorat Pemprov Kepri Mirza Bahtiar mengatakan dari 44 OPD, masih ditemukan OPD yang kinerjanya di bawah standar.

"OPD Kepri yang memperoleh kinerja sangat baik dengan mendapatkan nilai A hanya Dinas Kesehatan dan Dinas Pariwisata saja. Sisanya memperoleh nilai B dan ada juga yang memperoleh C di bawah standar," kata Mirza di Tanjungpinang, Selasa (22/10/2019).

Penilaian kinerja OPD Pemprov Kepri ini jelas Mirza berdasarkan pada Peraturan Menpan RB nomor 53 Tahun 2014 tentang petunjuk teknis perjanjian kerja, pelaporan kinerja dan tata cara review atas laporan kinerja instansi pemerintah.

Apabila mengacu pada peraturan tersebut, maka OPD yang memperoleh nilai di bawah B secara berturut-turut, maka kepala daerah atau pejabat pembina kepegawaian (PPK) bisa mengambil kebijakan dengan mengevaluasi.

"Evaluasi terhadap kepala OPD yang tidak memenuhi penilaian secara berturut-turut merupakan kewenangan dan haknya kepala daerah. Dan seyogyanya seperti itu sehingga kinerja OPD akan baik," tuturnya.

Sementara itu, Sekda Provinsi Kepri TS Arif Fadillah menanggapi hal ini menyebutkan, bahwa evaluasi terhadap kepala OPD di lingkungan Pemprov Kepri sudah berjalan, walau sifatnya masih berupa imbauan atau teguran.

"Sudah ada berjalan evaluasi yang dilakukan kepala daerah terhadap OPD yang kinerjanya masih di bawah standar. Kami sudah komitmen untuk melakukan pembenahan dan memuju ke perubahan yang lebih naik," katanya.

(sut)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews