Pemkab Lingga Sambangi Tanjung Jabung Timur, Bahas Kerjasama Apa?

Pemkab Lingga Sambangi Tanjung Jabung Timur, Bahas Kerjasama Apa?

Rombongan Pemkab Lingga ketika melakukan pertemuan dengan Pemkab Tanjabtim usai paripurna hari jadi Kabupaten Tanjabtim (Foto:ist)

Lingga - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga, Kepulauan Riau, kembali menggelar pertemuan dengan Pemkab Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Provinsi Jambi, usai sidang paripurna hari jadi Kabupaten Tanjabtim ke-20, Senin (21/10/2019).

Kegiatan ini dilakukan sebagai tindak lanjut pelaksanaan Memorandum of Understanding (MoU) yang sudah dilaksanakan beberapa waktu lalu antara kedua belah pihak. Diantaranya bidang pertanian, perikanan dan pariwisata.

Bupati Lingga, Alias Wello dalam kesempatan tersebut mengungkapkan bahwa ia sudah mendapat gambaran bidang-bidang apa saja yang harus menjadi skala prioritas dalam tindak lanjut kerjasama tersebut.

"Kami dari Pemkab Lingga sudah melakukan langkah-langkah, diantaranya mempersiapkan dan membenahi BUMD selaku eksekutor, termasuk sudah ke tahap skema pembiayaan baik dengan penyertaan modal di BUMD maupun suport dari dinas terkait," ucapnya.

Pria yang akrab disapa Awe itu menjelaskan, adapun beberapa usaha yang sudah berprogres diantaranya yakni, industri Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dan pabrik pengolahan tepung ikan.

"Dalam operasionalisasi rencana bisnis ini, tentunya butuh dukungan dari tempat lain sekiranya bahan bakunya lebih murah dibandingkan di Lingga, termasuk di Tanjung Jabung Timur," kata Awe.

Dengan begitu, ia mengharapkan terjadinya hubungan timbal balik yang saling mendukung dan menguntungkan antara Lingga dan Tanjabtim. "Sehingga nantinya peluang apa saja yang bisa dijajaki maupun dukungan bahan baku serta perdagangan yang bisa dioptimalkan bisa kita lakukan sama-sama," pungkasnya.

Diketahui, dalam kunjungannya tersebut, Awe turut membawa Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pembangunan, Dinas Kelautan, Dinas Pariwisata Pemuda dan olahraga, Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, UKM dan Perdagangan serta Direktur PT. Pembangunan Selingsing Mandiri (BUMD Lingga).

Rombongan tersebut disambut pihak Tanjabtim diantaranya Asisten Bidang Pemerintahan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Bappeda, Dinas Pariwisata, Dinas Perkebunan dan peternakan, Kadis Pertanian, dan Dinas Perikanan.

Masing-masing OPD baik dari Pemkab Lingga maupun Tanjabtim memaparkan potensi unggulannya masing-masing yang memiliki peluang untuk ditingkatkan dalam kerjasama antar kedua Pemkab. Meskipun belum menghasilkan bidang kerjasama secara detail, namun pertemuan ini sudah mempertajam rencana kerjasama yang sudah disepakati sebelumnya.

(ruz)

Komentar Via Facebook :