Jadi Event Nasional, Kenduri Seni Melayu 2020 Pindah dari Engku Puteri

Jadi Event Nasional, Kenduri Seni Melayu 2020 Pindah dari Engku Puteri

Parade tari melayu. (Foto: Ilustrasi)

Batam - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI meluncurkan 100 Calender of Event (CoE) Wonderful Indonesia 2020 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (15/10/2019).

Salah satu event pilihan itu yakni Kenduri Seni Melayu (KSM), event Kota Batam yang melibatkan beberapa negara tetangga.

Penetapan CoE Wonderful Indonesia, berawal dari arahan Presiden Joko Widodo saat Sail Tomini 2015 lalu yang mengharapkan agar penyelenggaraan event di Indonesia mempunyai standar nasional dan internasional dalam kemasan, baik dari segi koreografi, aransemen musik, maupun penataan kostum atau busana.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Batam Ardiwinata mengungkapkan, KSM merupakan salah satu andalan Batam. Bahkan, event ini sudah digelar selama 19 tahun dan melibatkan sejumlah negara.

“KSM ini akan rutin kita laksanakan, setiap tahun, tak pernah ada jeda. Tahun ini juga digelar yang ke-20,” kata Ardi, Rabu (16/10/2019).

Sementara untuk mendatangkan wisman sebagai penonton, Ardi mengaku sudah promosi jauh hari sebelum pelaksanaan. Tahun ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Karena lokasi akan pindah dan ada tambahan acara serta kategori.

“Tahun ini tidak lagi di Dataran Engku Putri, tapi kita coba pindahknan ke Dataran Engku Hamidah, depan Edukits Batam Centre. Serta akan dikombinasikan dengan bazar dan akan ada parade budaya,” ujarnya.

Pelaksanaan KSM ini, kata Ardi, juga sejalan dengan amanah Peraturan Daerah nomor 1 tahun 2018 tentang Pemajuan Kebudayaan Melayu.

Melalui agenda kebudayaan ini, pemerintah bisa menampilkan berbagai macam segmen kemelayuan. Seperti sastra lisan, tulisan, tarian, dan sebagainya.

“Tahun ini juga akan kita kemas lomba cipta lagu melayu. Kita merasa lagu melayu sekarang ini belum produktif. Kita butuh lagu melayu Kepri yang lebih banyak, dan populer. Kita akan menggandeng anak-anak milenial yang kreatif untuk memeriahkan KSM tahun ini,” tutupnya.

Ardi juga mengingatkan, adanya pelaksanaan event ini juga telah mendapat penghargaan di ajang Anugerah Pariwisata Kepulaun Riau 2019 di Pacific Palace Hotel.

Menurutnya, berbagai penghargaan yang diterima oleh KSM saat ini tidak hanya sekedar mempertunjukkan kebudayaan asli, namun kemasannya harus layak untuk mendatangkan wisatawan mancanegara.

(das)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews